Jumat, 31 Maret 2017

Kelebihan dan Kekurangan Pendidikan Inklusi

Selamat Pagi sahabat guru enjoy semuanya yang di rahmati tuhan.
Inklusi - Guru Enjoy

INKLUSI

Alhamdulilah di pagi yang cerah ini bisa di pertemukan kembali dengan sahabat semuanya. kaliini saya akan mencoba memberikan pengetahuan mengenai kelebihan dan kekurangan pendidikan Inklusi.
Karena Definisi dari Pendidikan Inklusi ini sudah di berikan pada minggu lalu. Untuk itu silakan simak penjelasan berikut ini.

Baca juga : Pengertian dan Manfaat Pendidikan Inklusi

1. Kelebihan

Dalam penyelenggaraannya mempunyai banyak kelebihan dibandingkan dengan pendidikan terpadu atau pendidikan khusus sehingga sangat baik apabila pemerintah menyelenggarakan dan mengembangkan program ini.

Penyelenggaraan tersebut pada hakikatnya memberikan kesempatan yang sama setiap peserta didik dalam mengikuti pendidikan dengan Sistem Persekolahan Reguler sesuai dengan kebutuhan individunya tanpa membedakan latar belakang agama, budaya, sosial, sekonomi maupun suku. 

Namun mengharap anak manusia yang berkualitas sekalipun memiliki kekurangan.
Munculnya sekolah inklusi memiliki beberapa keistimewaan antara lain :

  1. Keberadaan ABK diakui sejajar dengan anak normal
  2. Lingkungan mengajarkan kebersamaan dan menghilangkan diskriminasi
  3. Memberi kesan pada orang tua dan masyarakat bahwa ABK pun mampu seperti anak pada umumnya
  4. Anak yang mempunyai kelainan dalam belajar menerima dirinya sebagaimana adanya dan juga tidak menjadi asing lagi di lingkungannya
  5. ABK memiliki kesempatan untuk beraktivitas (yang mungkin dapat diikutinya) dan berpartisipasi sehingga dapat menunjukkan kemampuannya di lingkungan anak normal
  6. Dibutuhkannya pegangan diri yaitu dengan belajar secara kompetitif, eksistensi ABK akan teruji dalam persaingan secara sehat dan baik dengan anak pada umumnya.

2. Kekurangan

Adanya anak cacat (diffable) tak lepas dari peran serta tenaga pendidik. Apabila Pendidikan Inklusi benar-benar diselenggarakan secara ideal setiap sekolah harus ada, sebab tanpa pengawasan dan penanganan secara khusus dapat berakibat fatal. 

Contohnya  anak  tuna dasa perlu dokter syaraf, orthopedic dan psikolog, sebab anak seperti ini memerlukan ketenangan jiwa sehingga  mampu menjaga kondisi yang baik dan prima. Belum lagi kebutuhan yang lain.

Konsekuensi dalam menyelenggarakan program ini harus membutuhkan biaya yang sangat mahal, sehingga idealnya pemerintah mengambil peran agar benar-benar pendidikan ini dapat terlaksana dengan baik. 

Harapan dan motivasi terhadap kesuksesan dalam menyelenggarakan Pendidikan Inklusi perlu kerjasama dengan semua pihak mengingat kemampuan Pemerintah untuk bisa membantu masih sangat terbatas sementara ABK yang belum tertampung mengikuti pendidikan formal semakin kesini semakin banyak sehingga dapat menjadikan kendala suksesnya Wajib belajar 9 Tahun.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Problem Solving

Nah demikianlah kelebihan dan kekurangan pendidikan inklusi. Terus ikuti perkembangan blognya guru enjoy. Semoga bermanfaat bagi rekan-rekan semuanya. Terima kasih.
Kelebihan dan Kekurangan Pendidikan Inklusi
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.