Jumat, 31 Agustus 2018

Permasalahan anak dalam kegiatan belajar mengajar

Source : Pixabay


Permasalahan anak dalam kegiatan belajar mengajar

Selamat siang sahabat semuanya, Kali ini saya akan menceritakan hasil pengalaman tadi saya mengajar, karena saya masih menjalani program PPLK dari kampus. Sebelum ke pembahasan, kali ini saya akan menceritakan apa saja masalah yang sering terjadi dan ditemui di lingkungan sekolah. Contohnya : Anak malas belajar, Anak pemalu, Anak yang hanya ingin mendapatkan perhatian lebih dari guru, Anak yang nakal, Anak yang mudah emosi dan masih banyak lagi contoh lainnya.


Pada postingan kali ini saya tidak ada maksud menjelekan ataupun mencela siswa siswi saya tercinta ini, melainkan saya bangga akan hasil pekerjaan saya yang berhasil sedikit demi sedikit merubah karakter dan sifat dari anak-anak tersebut kearah yang lebih baik.

Pada kesempatan kali ini saya akan menceritakan  masalah-masalah tersebut. Tujuannya semoga menjadi cermin dan motivasi bagi kita semua khususnya kepada rekan guru semuanya yang sedang mengajar dimanapun berada untuk bisa mengatasi atau solusi memecahkan masalah tersebut.

Juma't, 31 Agustus 2018, saya mengajar kelas V SDN GudangKopi II Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa barat. Di kelas tersebut saya mendapati beberapa anak yang mempunyai permasalahan dalam belajar. Sebut saja namanya Rezal,Mahrus,Dandi dan Ambar. Setiap anak tersebut sudah terkenal di sekolah tersebut akan sifatnya masing-masing.

ketika saya memasuki ruangan kelas, suasana kelas sangat tidak kondusif untuk berlangsungnya kegiatan belajar mengajar. Anak-anak bising seperti diterminal, ada juga yang lari-lari ada juga yang lempar-lempar kertas. Setelah saya amati akarnya tersebut ada di 4 orang yang tadi.

Pertama mengenai Rezal. Setelah diperhatikan dan diamati rezal adalah seorang anak yang hyper aktif. Dalam setiap pembelajaran reza selalu tidak mau diam atau duduk di bangkunya dia suka mengejek temannya, berjalan kesana kemari, dan lain sebagainya. Jika di tegur oleh guru dia selalu melawan. Jika temannya sedang fokus belajar reza suka mengganggu dan mengajak temannya tersebut untuk bermain pada saat jam pelajaran.

Kedua tentang Mahrus, Mahrus anaknnya suka becanda saya juga sebenarnya suka anak ini tetapi becandanya itu tidak bisa diatur sehingga dia tidak bisa membedakan mana waktu belajar dan mana waktu becanda. Dia juga sering membully temennya yang lain. Akibatnya banyak teman-temannya yang takut sama dia.

Ketiga mengenai Dandi, Dandi anaknya pendiam jika berhadapan dengan guru tapi dia sangat aktif ketika bermain di luar lingkungan sekolah (menurut temannya). Ketika KBM berlangsung ketika saya menjelaskan materi pembelajaran dia mengamati tetapi jika ditanya dia enggan jawab pertanyaan dari saya. 

Terakhir mengenai Ambar. Ambar seorang anak perempuan yang sangat super aktif di kelasnya. Ambar mempunyai permasalahan dalam gaya bicara dia setiap bicara volume suaranya selalu keras dan kosa kata bahasanya kasar. Dia tidak bisa membedakan cara berbicara antara mana teman dan mana gurunya. Banyak anak yang takut kepadanya termasuk laki-laki juga ada. Ambar orangnya selalu cari perhatian kepada setiap guru. 


Itulah pengalaman dan kejadian mengenai permasalahan yang dihadapi saat kegiatan pembelajaran di lingkungan sekolah. Pada postingan selanjutnya saya akan menceritakan lagi ke 4 anak tersebut terutama dengan cara apa saya menghadapi permasalahan-permasalahan tersebut dan apakah berhasil dipecahkan?  Maka dari itu, terus simak blog ini dengan seksama. Semoga blog ini bisa terus menjadi pembelajaran bermakna bagi kita semua.

Sekian dulu postingan kali semoga bermanfaat bagi kita semua. Sampai bertemu di postingan selanjutnya dan apabila ada yang ingin ditanyakan bisa hubungi lewat kontak yang telah disediakan. Terima kasih.

Permasalahan anak dalam kegiatan belajar mengajar
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.