Selasa, 14 Agustus 2018

Pentingnya Menjaga Keutuhan NKRI

                               guruenjoy.blogspot.com

Selamat malam sahabat guru enjoy!
      
     kali ini saya akan membahas mengenai pentingnya kita menjaga keutuhan NKRI. Karena menurut bapak Ir. Soekarno : Mempertahankan lebih sulit daripada memperjuangkan kemerdekaan NKRI. Langsung saja ke pembahasannya.

Ancaman terhadap keutuhan NKRI

NKRI didirikan dari hasil perjuangan seluruh bangsa Indonesia. Setelah merdeka, Indonesia masih mendapatkan ancaman dari dalam maupun luar negeri. Ancaman-ancaman tersebut dapat diatasi dengan persatuan dan kesatuan bangsa.

A. Ancaman dari dalam negeri

Sejak awal berdirinya, Indonesia pernah mendapatkan ancaman dari dalam negeri. Ancaman tersebut bertujuan untuk memisahkan diri dari wilayah NKRI (gerakan separatis) dan mendirikan negara baru. Ancaman tersebut antara lain Gerakan Aceh Merdeka (GAM), Republik Maluku Selatan (RMS), Darul Islam/Tentara Islam Indonesia (DI/TII), dan Gerakan Papua Merdeka.

Berkat kesadaran yang tinggi akan pentingnya kesatuam dan kesatuan NKRI, hingga kini ancaman tersebut dapat diatasi.

B. Ancaman dari luar negeri

Pada awal kemerdekaan Indonesia, Belanda belum mengakui kedaulatan Indonesia. Oleh karena itu, Belanda melakukan agresi militer Belanda I dan II untuk menguasai kembali wilayah indonesia. Berkat semangat persatuan dan kesatuan, rakyat indonesia berhasil mempertahankan kemerdekaan hingga saat ini.

Nah mungkin itulah bebrapa ancaman pada zaman dahulu, semoga artikel ini bermanfaat yaa, nanti pada pembahasan selanjutnya akan membahas kelanjutan dari artikel ini.
Terima Kasih.
Pentingnya Menjaga Keutuhan NKRI
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.