Selasa, 21 Agustus 2018

Keanekaragaman Indonesia


Selamat sore semuanya!
Kali ini saya akan bercerita mengenai hasil pengalaman tadi pagi, saya praktik mengajar kelas IV SDN GudangKopi II. Pada praktik tadi pagi, saya mengajar TEMATIK pembelajaran ke 5 tema 1 subtema 3.

Pagi tadi saya mengambil mata pelajaran IPS dan SBdp dalam pembelajaran tersebut. 
Tentu keanekaragaman di indonesia sangat banyak mulai dari bahasa,suku,etnis,makanan,pakaian adat, tarian dan lain sebagainya. Saya tadi hanya menjelaskan mengenai keanekaragaman bahasa di indonesia.

Sudah tahu kan apa yang dimaksud keanekaragaman atau keberagaman? keanekaragaman adalah perbedaan pada  kehidupan masyarakat. Tentu banyak keberagaman khususnya di negara indonesia. contohnya : Agama,ras,makanan,bahasa,tarian,pakaian adat dan lain-lain. Nah, kegiatan pembelajaran saya pagi tadi dalah sebagai berikut.

Pertama-tama saya membagi siswa menjadi 4 kelompok, kemudian saya memberikan gambar makanan ke setiap kelompok dan setiap kelompok harus bisa menjawab nama makanan  tersebut dan berasal dari daerah mana.

Masing-masing kelompok sudah mengisi pekerjaannya, lalu masing-masing kelompok memprsentasikannya di depan kelas.

Setelah saya cek anak-anak semuanya bisa contohnya Tahu sumedang ciri khas makanan sumedang, peuyeum bandung ciri khas makanan dari bandung, pempek dari palembang dan lain sebagainya,
Lalu saya kaitkan ke pembelajaran. Jadi di negara Indonesia terdapat keberagaman makanan. 
guruenjoy.blogspot.com

Kemudian saya beralih penjelasan mengenai macam-macam bahasa di indonesia. Saya beri contoh di jawabarat bahasa sunda. DKI Jakarta bahasa betawi, Aceh bahasa aceh, Sumatera utara bahasa batak.
Dari penjelasan singkat saya itu, anak-anak dapat menyimpulkan di indonesia juga terdapat beragam bahasa, setiap daerah mempunyai ciri khas bahasanya masing-masing.
Sekian dulu curhatan saya hari ini. Semoga menjadi motivasi buat kalian semua yang membaca. Amin.


Keanekaragaman Indonesia
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.