Sabtu, 25 Agustus 2018

Perkembangbiakan Tumbuhan

Media Projector

Selamat Malam semuanya...
Malam ini saya akan coba share hasil PPLK saya di kelas V SDN GudangKopi II tadi pagi. Saya mengajar mata pelajaran IPA mengenai perkembang biakan tumbuhan.



Perkembangbiakan Tumbuhan.

Tumbuhan berkembang biak dengan dua cara, yakni generatif (kawin) dan vegetatif (tanpa kawin).

1. Generatif

Tumbuhan yang berkembang biak dengan cara ini umumnya mempunyai ciri adanya bunga sebagai alat untuk berkembang biak. Bunga mempunyai 4 bagian, yaitu : mahkota,kelopak, putik, dan benang sari. Dari keempat itu yang paling berperan sebagai alat perkembangbiakan generatif yakni putik dan benang sari.
Putik sebagai alat reproduksi betina yang mengeluarkan atau menghasilkan sel telur.
Benang sari alat reprofuksi jantan yang mengeluarkan atau menghasilkan sperma.
Proses Perkembangbiakan generatif


  • Penyerbukan

Penyerbukan adalah proses atau peristiwa jatuhnya serbuk sari di kepala putik.

  • Pembuahan

Pembuahan adalah proses atau peristiwa bertemu atau bersatunya sel telur dengan  adanya peleburan sperma dan sel kelamin betina.

  • Biji dan buah Berkembang
  • Biji yang ditanam atau jatuh ditempat yang baik akan tumbuh jadi kecambah 
  • Lalu, kecambah tumbuh jadi tanaman muda.
  • Dan akhirnya tumbuhan muda tumbuh menjadi tumbuhan dewasa.

Kalau perantara penyerbukan genetatif tentunya banyak, bisa melalui hewan melalui lebah. Bisa melalui bantuan angin, bisa melalui air khusunya tumbuhan yg hidup di air seperti teratai, dan juga bisa oleh bantuan manusia.

2. Vegetatif

Vegetatif adalah reproduksi pada tumbuhan tetapi tidak ada campur tangan manusia atau yang lainnya.

Reproduksi secara vegetatif contohnya pertunasan, umbi, rizoma, geragih, spora dan tunas adventif.


  •  Rizoma

Merupakan batang yang tumbuh di dalam tanah. Rizoma mempunyai ciri yg sama dengan batang yaitu berbuku-buku dan bertunas . Pada buku rizoma ada kuncup yang dapat berkembang menjadi tunas. Contoh tanaman yang berkembangbiak dengan cara rizoma adalah jahe, kunyit, temulawak, dan kencur.


  • Umbi lapis (bulbus)

Merupakan batang yang tertutup lapisan daun berdaging merupakan cadangan makanan. Batangnya berbuku-buku setiap buku dapat tumbuh daun. Di ketiak daun terdapat tunas yang dapat tumbuh menjadi umbi lapis baru alias siung contohnya bawang putih, bakuang.


  • Umbi batang

Merupakan bagian batang yang tumbuh didalam tanah dan mengandung cadangan makanan, khususnya dalam bentuk amilum pati. Umbi batang mempunyai tunas yang dapat berkembang menjadi tumbuhan baru contohnya kentang dan ubi jalar.


  • Umbi akar

Merupakan tempat menyimpan cadangan makanan contohnya singkong, bengkuang dan dahlia.


  • Tunas

Tunas berasal dari ujung batang atau ketiak daun contohnya Pisang dan tebu


  • Tunas adventif

Merupakan tunas  yg tidak tumbuh pada ujung batang dan ketiak daun. Tunas ini dapat tumbuh pada tepi daun dan akar. Contoh tumbuhan yang berkembangbiak dengan tunas adventif pada daun cocor bebek. Tunas adventif pada akar cemara,sukun


  • Stolon (geragih) 

Stolon merupakan batang yang tumbuh menjalar diatas tanah. Ruas ruas batang terdapat tunas yang dapat tumbuh menjadi tumbuhan baru. Contohnya stoberi.
 Pembentukan spora
Beberapa tumbuhan seperti lumut dan paku dapat berkembangbiak dengan spora.

mudah bukan untuk dipelajari? pasti kalian sebagian udah pada tahu dan semoga yang lagi belajar mengenai ini bisa  bermanfaat.

Mungkin hanya sekian dulu pembahasan dari saya, apabila ada yang ingin ditanyakan atau didiskusikan bisa hubungi lewat kontak yang telah disediakan. Mohon maaf bila ada kesalahan dalam penulisan. Sampai bertemu di pembahasan selanjutnya ya, Terima kasih.
Perkembangbiakan Tumbuhan
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.