Minggu, 09 April 2017

Definisi Assesment dan Evaluasi

Selamat Malam sahabat guru enjoy !!!

Puji syukur kehadirat tuhan yang maha kuasa sehingga kita bisa dipertemukan kembali dalam keadaan sehat. Kemarin di kampus saya belajar mengenai Assesment dan evaluasi. Ada yang tau apa itu assesment dan evaluasi ??? pasti sebagian sudah tidak asing dengan kata tersebut. Bagi yang belum mengerti dan kurang paham silahkan simak penjelasan berikut ini.

guruenjoy.blogspot.com

ASSESMENT dan EVALUASI

A. Pengertian Assesment dan Evaluasi.

Penilaian (assesment) adalah istilah umum yanng mencakup semua metode yang biasa digunakan untuk menilai unjuk kerja individu atau kelompok peserta didik. 

Proses penilaian mencakup pengumpulan bukti yang menunjukan pencapaian belajar peserta didik. Penilaian merupakan suatu pernyataan berdasarkan sejumlah fakta untuk menjelaskan karakteristik seseorang atau sesuatu (griffin & nix, 1991). 

Penilaian mencakup semua proses pembelajaran . Oleh karena itu, kegiatan penilaian tidak terbatas pada karakteristik peserta didik saja, tetapi juga mencakup karakteristik mode mengajar, kurikulum, fasilitas, adminstrasi sekolah. 

Instrumen penilaian dapat berupa tes tertulis, tes lisan, lembar pengamatan, pedoman wawancara, tugas rumah dan sebagainya. Penilaian juga diartikan sebagai kegiatan menafsirkan data hasil pengukuran atau kegiatan untuk memperoleh informasi tentang pencapaian kemajuan belajar peserta didik.

Evaluasi (evaluation) adalah penilaian yang sistematik tentang manfaat atau kegunaan suatu objek (Mehrens & Lehmann, 1991). Dalam melakukan terdapat judgement untuk menentukan nilai sesuaatu program yang sedikit banyak mengandung unsur subjektif. 

Evaluasi memerlukan data hasil pengukuran dan informasi hasil penilaian yang memiliki banyak dimensi, seperti kemampuan, kreatifitas, sikap, minat, keterampilan, dan sebagainya. Oleh karena itu, dalam kegiatan evaluasi, alat ukur yang digunakan juga bervariasi bergantung pada jenis data yang ingin di peroleh.

Nah, itulah definisi dari assesment dan evaluasi, mungkin hanya sedikit yah karena saya merangkum semuanya. Insyaallah besok saya akan menjelaskan tujuan dan fungsi assesment dan evaluasi. Maka dari itu terus ikuti perkembangan blog guruenjoy.blogspot.com. Terima kasih.
Definisi Assesment dan Evaluasi
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.