Senin, 10 April 2017

Tujuan dan Fungsi Asessment dan Evaluasi

Selamat Malam sahabatku semuanya !!!

Alhamdulilah kita masih bisa dipertemukan kembali dalam keadaan sehat walafiat. Setelah kemarin saya membahas dan menjelaskan mengenai definisi Asessment dan Evaluasi, seperti janji saya kemarin saya akan menjelaskan mengenai tujuan dan fungsi Asessment dan evaluasi. 

Untuk itu mari langsung saja ke pembahasannya.

guruenjoy.blogspot.com


Tujuan dan Fungsi Assessment dan Evaluasi.

Secara umum, tujuan evaluasi dalam bidang pendidikan ada dua, yaitu :

  1. Untuk menghimpun bahan-bahan keterangan yang akan dijadikan sebagai bukti taraf perkembangan atau taraf kemajuan yang dialami oleh para peserta didik, setelah mereka mengikuti proses pembelajaran dalam jangka waktu tertentu. Dengan kata lain tujuan umum dari evaluasi dalam pendidikan adalah untuk memperoleh data pembuktian, yang akan menjadi petunjuk sampai dimana tingkat kemampuan dan tingkat keberhasilan peserta didik dalam pencapaian tujuan - tujuan kurikuler, setelah mereka menempuh proses pembelajaran dalam jangka waktu yang telah ditentukan.
  2. Untuk mengetahui tingkat efektifitas dari metode-metode pembelajaran yang telah di pergunakan dalam proses pembelajaran. Tujuan kedua dari evaluasi pendidikan adalah untuk mengukur dan menilai sampai dimanakah efektifitas mengajar dan metode-metode mengajar yang telah diterapkan atau dilaksanakan oleh pendidik, serta kegiatan belajar yang dilaksanakan oleh peserta didik.

Fungsi penilaian (evaluasi)


  1. Fungsi eduktif. Evaluasi adalah suatu subsistem dalam sistem pendidikan yanng bertujuan untuk memperoleh informasi tentang keseluruhan system dan atau salah satu subsistem pendidikan. Bahkan dengan evaluasi dapat diungkapkan hal-hal yang tersembunyi dalam proses pendidikan.
  2. Fungsi Institusional. Evaluasi ini berfungsi mengumpulkan informasi akurat tentang input dan output pembelajaran disamping proses pembelajaran itu sendiri.
  3. Fungsi Diagnostik. Dengan evaluasi dapat diketahui kesulitan masalah-masalah yang sedang dihadapioleh siswa dalam proses/kegiatan belajarnya.
  4. Fungsi Administratif. Menyediakan data tentang kemajuan belajar siswa, yang pada gilirannya berguna untuk memberikan sertifikasi (tanda kelulusan) dan untuk melanjutkan study lebih lanjut dan atau untukkenaikan kelas.
  5. Fungsi Kurikuler. Berfungsi menyediakan data dan informasi yang akurat dan berdaya guna bagi pengembangan kurikulum (perencanaan, ujicoba di lapangan, implementasi, dan revisi).
  6. Fungsi Manajemen. Komponen evaluasi merupakan bagian integral dalam system manajemen, hasil  evaluasi berdaya guna sebagai bahan bagi pimpinan untuk membuat keputusan manajemenpada semua jenjang manajemen.

Jenis-Jenis Penilaian


Jenis-jenis penilaian yang diberikan dalam proses pembelajaran :

  1. Written Test; pilihan ganda, melengkapi, menyusun, benar-salah, choose the best answer, write the intruction.
  2. Oral Test; tanya jawab, presentasi, percakapan, (dialogue), respond, dictation.
  3. Performance Test; portofolio, kinerja, role play, monologue, recount, exposition.
  4. Project; essay writing/composition, presentation. 

Nah, itulah penjelasan lanjutan dari yang kemarin mengenai assesment dan evaluasi. Semoga bermanfaat bagi sobat-sobat semuanya dan khususnya membantu yang sedang belajar mengenai assesment dan evaluasi. 

Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan, terus ikuti perkembangan blog guruenjoy.blogspot.com dengan artikel dan materi pembelajaran lainnya. Terima kasih.
Tujuan dan Fungsi Asessment dan Evaluasi
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.