Jumat, 12 Oktober 2018

Contoh Soal Ujian Keterampilan berbahasa Indonesia Semester 4 lengkap beserta Kunci Jawaban S1 PGSD

Contoh Soal Ujian Keterampilan berbahasa Indonesia Semester 4 lengkap beserta Kunci Jawaban S1 PGSD, https://www.guruenjoy.com
Contoh Soal Ujian Keterampilan berbahasa Indonesia Semester 4 lengkap beserta Kunci Jawaban S1 PGSD


Soal Ujian keterampilan berbahasa Indonesia Semester 4 beserta kunci jawaban S1 PGSD - Pada postingan kali ini saya akan bagikan contoh latihan soal ujian semester 4. Contoh soal dan kunci jawaban ini saya bagikan untuk mempermudah pekerjaan bapak/ibu guru atau juga rekan-rekan mahasiswa yang sebentar lagi akan menghadapi ujian tengah semester. 


Soal dan Pembahasan Kunci Jawaban PDGK4101 Keterampilan Berbahasa Indonesia SD

1. Proses komunikasi adalah proses....
A. pengiriman dan penerimaan suatu pesan di antara para penutur suatu bahasa
B. penyesuaian terhadap lingkungan baru
C. pewarisan budaya atau tradisi yang diajarkan turun temurun
D. pengadopsian tradisi budaya

Jawab:
A. Benar, pengiriman dan penerimaan suatu pesan di antara para penutur suatu bahasa
adalah proses komunikasi
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 1, kegiatan belajar 1, halaman 1.3 sampai 1.5

2. Wartawan merupakan salah satu jenis profesi yang harus memiliki keterampilan berbahasa ....
A. membaca dan menyimak
B. membaca dan menulis
C. membaca dan berbicara
D. membaca, menulis, menyimak dan berbicara

Jawab:
D. benar, karena idealnya seorang wartawan memiliki 4 ketrampilan berbahasa untuk mendukung profesinya
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 1, kegiatan belajar 1, halaman 1.6 sampai 1.7

3. Jenis keterampilan berbahasa yang bersifat produktif adalah ....
A. menulis dan membaca
B. mendengarkan dan berbicara
C. berbicara dan menulis
D. mendengarkan dan membaca

Jawab:
C. Benar, karena berbicara dan menulis adalah jenis keterampilan berbahasa yang bersifat produktif
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 1, kegiatan belajar 2, halaman 1.10 sampai dengan 1.13

4. Contoh kegiatan berbahasa yang bersifat interaktif adalah ....
A. mendengarkan khotbah Jumat di masjid
B. menyimak pidato pembukaan sebuah pusat perbelanjaan
C. rapat anggota Dewan Perwakilan Rakyat
D. menonton suatu pementasan teater di Taman Ismail Marzuki

Jawab:
C. Benar, karena dalam rapat anggota Dewan Perwakilan Rakyat terjadi interaksi antar anggota
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 1, kegiatan belajar 2, halaman 1.10 sampai dengan 1.11

5. Yang merupakan contoh berbicara secara noninteraktif adalah ....
A. berpidato secara langsung pada acara peringatan Hari Kemerdekaan R.I.
B. bertelepon melalui telepon seluler
C. berusaha menawar alat elektronik di suatu pertokoan
D. berpidato melalui radio atau televisi

Jawab:
D. Benar, kegiatan berpidato melalui radio atau televisi merupakan contoh berbicara noninteraktif, karena pendengar tidak dapat melakukan interupsi atau tanya jawab
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 1, kegiatan belajar 2, halaman 1.10 sampai dengan 1.12

6. Berikut ini yang merupakan keterampilan mikro yang harus dimiliki ketika menulis, yaitu ....
A. menggunakan bentuk kata dengan benar
B. mengenal sistem tulisan yang digunakan
C. menentukan makna kata-kata, termasuk kosakata sulit
D. menebak makna dari konteks

Jawab:
A. Benar, menggunakan bentuk kata dengan benar, merupakan keterampilan mikro yang harus dimiliki dalam menulis
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 1, kegiatan belajar 2, halaman 1.12 sampai dengan 1.13

7. Yang merupakan persamaan antara keterampilan mendengarkan dengan membaca
adalah ....
A. kedua kegiatan tersebut bersifat reseptif
B. kedua kegiatan tersebut bersifat produktif
C. kedua kegiatan tersebut merupakan hasil akal budi manusia dalam berbahasa
D. kedua kegiatan tersebut merupakan kajian dalam ilmu bahasa

Jawab:
A. Benar, baik keterampilan mendengarkan maupun keterampilan membaca merupakan keterampilan yang bersifat reseptif
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 1, kegiatan belajar 3, halaman 1.21 sampai dengan 1.23

8. Sekalipun berbicara dan menulis merupakan keterampilan berbahasa yang bersifat produktif namun dalam proses komunikasi keduanya berbeda, yaitu ....
A. berbicara bersifat langsung, menulis bersifat tidak langsung
B. berbicara bersifat tidak langsung, menulis bersifat langsung
C. berbicara memerlukan tempat, menulis tidak memerlukan tempat
D. berbicara tidak memerlukan tempat, menulis memerlukan tempat

Jawab:
A. Benar, komunikasi yang dilakukan dengan berbicara bersifat langsung, tatap muka/interaktif, sedangkan menulis tidak
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 1, kegiatan belajar 3, halaman 1.21 sampai dengan 1.23

9. Tataran identifikasi dan seleksi tanpa retensi adalah tataran menyimak di mana penyimak diharapkan mampu ....
A. mengenal bunyi-bunyi dan memahaminya dalam taraf terpimpin
B. mengenal berbagai jenis bunyi suatu bahasa, kata-kata, frase-frase dan kalimat dalam hubungan timbal balik antarunsur
C. mengenal bunyi-bunyi dan kemampuan memahami sesuatu unit ujaran, tetapi belum dituntut adanya kemampuan merencanakan, menyimpan, dan memproduksi
D. menyimak kontinum wacana yang panjang, baik ragam bacaan, cerita-cerita
menarik, berita surat kabar, dan sebagainya

Jawab:
C. Benar, karena hal tersebut memang ada pada tataran identifkasi dan seleksi tanpa retensi
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 2, kegiatan belajar 1, halaman 2.3 sampai dengan 2.4

10. Dalam menangkap gagasan inti simakan, kita dapat melakukan beberapa kegiatan diantaranya adalah ....
A. memperhatikan tanda-tanda baca, ejaan, dan berkonsentrasi penuh dalam menangkap gagasan
B. memusatkan perhatian dan memuat catatan, dan menjawab latihan-latihan yang ada.
C. menuangkan setiap gagasan dan pikiran secara tepat dan efektif
D. mengekspresikan pikiran dan perasaan dalam bentuk tuturan

Jawab:
B. Benar, untuk dapat menangkap isi simakan penyimak harus memusatkan perhatian dan memuat catatan, serta menjawab latihan-latihan merupakan strategi untuk menangkap gagasan
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 2, kegiatan belajar 2, halaman 2.18 sampai dengan 2.19

11. Menyimak kritis adalah jenis menyimak yang ....
A. dilakukan dengan sungguh-sungguh untuk memberikan penilaian secara objektif.
B. dilakukan untuk mengembangkan daya imajinasi dan kreativitas
C. dilakukan dengan penuh perhatian untuk mendapatkan informasi baru
D. dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh informasi yang akurat

Jawab:
A. Benar, menyimak kritis harus dilakukan dengan sungguh-sungguh agar dapat memberikan penilaian secara objektif
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 2, kegiatan belajar 2, halaman 2.19 sampai dengan 2.20

12. Hal-hal yang harus diperhatikan ketika bercerita adalah ....
A. penguasaan dan penghayatan cerita, pemilihan dan penyusunan kalimat, pengekspresian yang alami.
B. memberikan hiburan, mengajarkan kebenaran, memberikan keteladanan
C. memahami pendengar, menguasai materi cerita, menguasai olah suara
D. menentukan ide, mengembangkan ide, menuangkan ide

Jawab:
A. Benar, karena hal-hal tersebut harus diperhatikan ketika bercerita
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 3, kegiatan belajar 1, halaman 3.7 sampai dengan 3.8

13. Sebelum melakukan debat, peserta debat sebaiknya melakukan persiapan untuk ....
A. persiapan untuk menyusun materi dan argumentasi dengan referensi yang memadai
B. persiapan untuk menciptakan suasana yang dramatik
C. persiapan untuk memilih topik yang menarik
D. persiapan untuk melakukan tanya jawab

Jawab:
A. Benar, karena sebaiknya menyusun materi dan argumentasi dengan referensi yang memadai, sebelum menyampaikan argumentasi, agar pihak lawan menjadi yakin dan berpihak serta setuju dengan pendapat peserta debat
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 3, kegiatan belajar 1, halaman 3.6 sampai dengan 3.7

14. Kegiatan berbahasa dalam bentuk tukar pikiran secara teratur dan terarah dalam kelompok besar atau kecil adalah ....
A. pidato
B. diskusi
C. musyawarah
D. kampanye sebuah partai politik

Jawab:
B. Benar, karena diskusi adalah bentuk tukar pikiran secara teratur dan terarah dalam kelompok besar atau kecil, dengan tujuan mengambil keputusan
Pembahasan :
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 3, kegiatan belajar 1, halaman 3.14 sampai dengan 3.15

15. Agar pidato menjadi efektif dan komunikatif, sebaiknya dalam memilih kata-kata, haruslah ....
A. memberikan pujian kepada khalayak atas prestasi mereka
B. menggunakan kata-kata yang sederhana, agar mudah dipahami dengan cepat
C. banyak menggunakan istilah asing agar lebih berbobot
D. menggunakan kata-kata bermakna konotatif

Jawab:
B. Benar, karena agar pidato menjadi efektif dan komunikatif gunakanlah kata-kata yang sederhana, yang mudah dipahami dengan cepat
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 3, kegiatan belajar 1, halaman 3.17 sampai dengan 3.19

16. Cara yang baik dalam menyampaikan sanggahan ketika berdiskusi adalah ....
A. secara santun dan tidak berbelit-belit
B. dengan suara keras dan tegas
C. disertai kata pembuka dan penutup
D. mengemukakan berbagai argumen yang dapat mematahkan argumen pembicara

Jawab:
A. Benar, dalam menyampaikan sanggahan, peserta diskusi hendaknya menyampaikan dengan cara yang santun dan tidak berbelit-belit
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 3, kegiatan belajar 1, halaman 3.14 sampai dengan 3.15

17. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memberikan tanggapan ketika berdiskusi adalah ....
A. mengangkat kehidupan pribadi pembicara dan karya-karyanya
B. berhemat dalam menggunakan kata-kata serta melembutkan nada/suara
C. dilakukan dengan berprasangka dan emosi yang tinggi
D. tanggapan harus berhubungan dengan pembahasan bersifat objektif dan memuaskan berbagai pihak

Jawab:
D. Benar, karena ketika berdiskusi, tanggapan atau jawaban harus berhubungan dengan pembahasan bersifat objektif, dan memuaskan berbagai pihak
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 3, kegiatan belajar 1, halaman 3.14 sampai dengan 3.15

18. Bagaimana cara menutup pidato yang baik ....
A. menghubungkan dengan peristiwa yang sedang diperingati
B. melukiskan latar belakang masalah
C. dilakukan dengan cara bertukar informasi dan tanya jawab
D. menyatakan kembali gagasan utama dengan kalimat dan kata yang berbeda

Jawab:
D. Benar, karena pernyataan tersebut adalah cara menutup pidato
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 3, kegiatan belajar 1, halaman 3.18 sampai dengan 3.19

19. Membaca scanning adalah jenis keterampilan membaca yang dilakukan dengan cara ....
A. menangkap kata kunci yang menandai informasi khusus dengan sangat cepat
B. membaca teks dengan cepat guna memperoleh gambaran umum tentang teks tersebut
C. memahami wacana atau bacaan dengan tepat
D. mengulang-ulang bagian bacaan atau kalimat yang sulit dipahami

Jawab:
A. Benar, karena membaca scanning dilakukan dengan cara menangkap kata kunci untuk menemukan informasi khusus dengan sangat cepat
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 4, kegiatan belajar 1, halaman 4.1 sampai dengan 4.12

20. Berikut ini yang merupakan contoh kegiatan yang memerlukan keterampilan membaca bersuara adalah ....
A. para siswa berpidato
B. bermain drama
C. mendengarkan musik
D. menulis laporan

Jawab:
A. Benar, membaca naskah pidato/ berpidato memerlukan keterampilan membaca bersuara yang memadai
Pembahasan:
Anda dapat membaca pembahasan tersebut pada modul 4, kegiatan belajar 1, halaman 4.12 sampai dengan 4.14.


Demikian contoh soal ujian dan kunci jawaban mata kuliah keterampilan berbahasa indonesia semester 4, semoga bisa bermanfaat bagi rekan-rekan mahasiswa semuanya khususnya prodi PGSD. Terima kasih.
Contoh Soal Ujian Keterampilan berbahasa Indonesia Semester 4 lengkap beserta Kunci Jawaban S1 PGSD
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.