Kamis, 11 Oktober 2018

4 Contoh Dampak Negatif Akibat Tidak Pandai Mengelola Sumber Daya Alam

4 Contoh Dampak Negatif Akibat Tidak Pandai Mengelola Sumber Daya Alam, https://www.guruenjoy.com
4 Contoh Dampak Negatif Akibat Tidak Pandai Mengelola Sumber Daya Alam

Negara Indonesia terkenal dengan Sumber Daya Alamnya yang sangat berlimpah. Mulai dari sumber daya alam yang bisa diperbaharui maupun sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Makhluk hidup di alam semesta ini khususnya manusia pasti sangat membutuhkan sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Berikut ini guru enjoy akan bagikan dampak negatif akibat ulah manusia yang tidak pandai mengelola sumber daya alam dengan baik.


4 Dampak Negatif Manusia Tidak Bisa Mengelola Sumber Daya Alam


1. Tanah Longsor
Tanah longsor merupakan peristiwa bencana alam yang sering kita jumpai khususnya di negara Indonesia. Sebagian besar tanah longsor ini disebabkan oleh ulah manusia itu sendiri karena tidak bisa mengelola sumber daya alam dengan teratur, salah satunya seperti penebangan pohon, pembalakan hutan dan pengambilan tanah untuk bahan bangunan rumah dan perindustrian. Rusaknya dan berkurangnya hutan akan menyebabkan kekuatan tanah berkurang sehingga tanah mudah longsor apabila terjadi hujan.

2. Bahan Tambang Mineral Cepat Habis
Penggunaan bahan mineral yang tidak teratur akan menyebabkan bahan tambang mineral tersebut cepat  habis. Mineral tidak dapat diperbaharui, maka penggunaannya harus benar-benar dihemat. Kita harus lebiha pandai lagi mencari energi alternatif yang dapat digunakan sehingga mineral yang ada tidak cepat habis. Jika bahan tambang mineral habis, tentunya manusia lama kelamaan seiiring berjalannya waktu akan mengalami kepunahan.

3. Rusaknya Ekosistem Hutan
Pengambilan kayu/pohon dihutan secara terus-menerus tentunya akan merusak ekosistem dihutan. Tanah menjadi tandus, hewan menjadi kehilangan tempat tinggal dan tumbuhan yang rusak akibat penebangan liar tersebut. Oleh karena itu, Penebangan hutan harus dikurangi atau setidaknya diimbangi dengan penanaman tanaman yang baru sehingga pohon tidak habis. Jika ekosistem dihutan rusak tentunya makhluk hidup terutama manusia akan merasakan dampak negatifnya seperti kekeringan dan kekurangan air, dan hewan yang ada di hutan mengalami kepunahan.

4. Mata Air Kering dan Rusaknya Ekosistem Air
Pengambilan sumber daya air secara berlebihan akan menyebabkan sumber daya menjadi kering dan rusaknya ekosistem di air, apalagi adanya penggundulan hutan akan menyebabkan sumber air menjadi kering. Penangkapan ikan menggunakan bahan peledak dan racun juga dapat menyebabkan kerusakan ekosistem air di sungai maupun di laut. Hal ini tentunya akan mengakibatkan ikan-ikan mati yang berakibat habis dan rusaknya ekosistem ikan di sungai maupun di lautan.

Oleh karena itu, manusia harus pandai mengelola sumber daya alam dengan benar-benar karena jika diambil secara terus menerus akan sangat berdampak bagi kita sendiri. Gunakanlah sumber daya alam yang ada di bumi ini secara teratur. Bersahabatlah dengan alam karena alam juga tergantung manusia itu sendiri.


Demikian pembahasan mengenai 4 Contoh Dampak Negatif Akibat Tidak Pandai Mengelola Sumber Daya Alam, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Berikan komentar yang relevan terhadap blog ini agar kedepannya blog ini bisa lebih baik lagi.
4 Contoh Dampak Negatif Akibat Tidak Pandai Mengelola Sumber Daya Alam
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.