Kamis, 25 Oktober 2018

Pengertian, Ciri-Ciri dan Proses Pembentukan Kelompok Sosial

Pengertian, Ciri-Ciri dan Proses Pembentukan Kelompok Sosial, https://www.guruenjoy.com/
Pengertian, Ciri-Ciri dan Proses Pembentukan Kelompok Sosial

Kelompok Sosial-Manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan satu sama lain. Pembahasan Kelompok sosial ini guru enjoy bagikan untuk membantu perkuliahan teman-teman khususnya yang mengambil Program Studi PGSD. 


KELOMPOK SOSIAL

1. Pengertian Kelompok Sosial

Kelompok sosial merupakan kumpulan manusia yang saling berinteraksi dan memiliki kesadaran bersama akan keanggotaannya dalam suatu organisasi atau kelompok. Kelompok sosial terbentuk karena tumbuhnya perasaan bersama akibat adanya interaksi yang sering terjadi diantara mereka. Kelompok sosial didalam kehidupan bermasyarakat sangat banyak jumlah anggotanya, dasar dari pembentukan kelompok tersebut pun berbeda-beda.

Jauh setelah dilahirkan, manusia telah memiliki dua hasrat pokok dalam dirinya masing-masing, yaitu keinginan untuk menjadi satu dengan manusia lain dan keinginan untuk menjadi satu dengan suasana alam disekitarnya. Pembentukan kelompok sosial merupakan salah satu usaha setiap manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya tersebut.

2. Ciri-Ciri Kelompok Sosial

Berikut 6 ciri-ciri kelompok sosial :

  • Memiliki motif yang sama antara individu dengan individu lainnya sehingga kerjasama dan interaksi untuk mencapai tujuan yang sama lebih mudah terjadi.
  • Setiap masing-masing anggota kelompok memiliki kesadaran dir bahwa ia adalah bagian dari kelompok yang bersangkutan.
  • Terdapat hubungan timbal balik antara anggota satu dengan yang lainnya.
  • Mempunyai hubungan sosial sehingga kelangsungan hidup semua kelompok tergantung kepada kesungguhan anggotanya dalam menjalankan peran mereka.
  • Memiliki norma dan aturan yang mengatur hubungan setiap anggotanyanya.
  • Merupakan satu kesatuan yang nyata sehingga dapat dibedakan dengan kelompok yang lainnya.
3. Proses Pembentukan Kelompok Sosial


Terbentuknya suatu kelompok sosial dipicu oleh manusia yang tidak bisa hidup bersama dan ingin menyatu dengan manusia yang lainnya yang ada disekitarnya. Oleh karena itu bergabungnnya seseorang dengan sebuah kelompok biasanya merupakan sesuatu yang murni muncul dari keinginannya sendiri. Ada dua faktor utama yang membuat seseorang bergabung dalam suatu kelompok adalah kedekatan dan kesamaan.

Pembentukan suatu kelompok akan diawali dengan adanya kontak sosial dan komunikasi sosial yang akan menghasilkan proses dalam interaksi sosial.

Kata kontak berasal dari bahasa latin yakni "con" yang mempunyai arti bersama dan "tango" yang berarti menyentuh. Secara harfiah kontak sosial mempunyai arti "sama-sama menyentuh". Arti kata kontak dalam ilmu sosial tidaklah harus dengan sentuhan atau kontak fisik. Kontak sosial merupakan sebuah tindakan yang menimbulkan kesadaran untuk saling berhubungan dari satu pihak dengan pihak yang lainnya.

Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi dari satu pihak kepada pihak yang lain. Pada umumnya komunikasi yang sering kita lihat dilakukan secara berbicara dengan menggunakan cara yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak, contohnya dengan menggunakan bahasa dari suatu negara tertentu.

A. Massa

Massa adalah kelompok sosial yang memiliki ciri hampir sama dengan kerumunan, tetapi massa terbentuk disengaja dan direncanakan dengan persiapan sehingga sifatnya tidak spontan. Contohnya adalah orang-orang yang dikumpulkan untuk melakukan demonstrasi atau unjuk rasa.

B. Publik

Publik merupakan kumpulan orang yang terbentuk tidak pada suatu tempat yang sama. Pembentukan publik biasanya direncanakan, publik disatukan melalui alat komunikasi, artinya publik biasanya tidak harus selalu berada dalam suatu kelompok secara fisik. Dalam membentuk publik biasanya digunakan cara-cara yang mempunyai kaitan dengan nilai sosial dan kebiasaan dalam suatu masyarakat. Contoh publik ada orang-orang yang menonton acara yang sama pada salah satu televisi seperti nonton sepak bola.


Demikian penjelasan mengenai Pengertian, Ciri-Ciri dan Proses Pembentukan Kelompok Sosial yang dapat guru enjoy bagikan, semoga bisa bermanfaat bagi kita semuanya. Apabila ada yang tidak dipahami bisa hubungi kontak ataupun berikan komentar di bawah postingan ini. Terima kasih.

Pengertian, Ciri-Ciri dan Proses Pembentukan Kelompok Sosial
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.