Senin, 27 Februari 2017

BIMBINGAN KONSELING di SD (Jenis-jenis Layanan dan Cara Menangani Anak Sekolah Dasar)

Selamat Pagi rekan-rekan sekalian yang di berkahi Allah Swt. Alhamdulilah di pagi yang sangat cerah ini bisa di pertemukan lagi dengan saya sambil di temani segelas kopi hangat. Kali ini saya akan share tentang layanan bimbingan dan konseling untuk anak Sekolah Dasar. Tanpa basa-basi lagi mari langsung saja ke pembahasannya.

Baca juga : Penyimpangan Perilaku Pada Anak SD 6-12 Tahun

BIMBINGAN KONSELING di SD, https://www.guruenjoy.com
Bimbingan Konseling di SD

JENIS­ JENIS LAYANAN BK UNTUK ANAK SD 

Jenis Layanan Bimbingan dan Konseling di SD

Dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi, bidang Bimbingan dan Konseling (2004) dinyatakan bahwa kerangka kerja layanan BK dikembangkan dalam suatu program BK yang dijabarkan dalam empat kegiatan utama yaitu:


1. Layanan Dasar Bimbingan


Layanan dasar bimbingan adalah bimbingan yang bertujuan untuk membantu seluruh siswa dalam mengembangkan perilaku efektif dan ketrampilan­ketrampilan hidup yang mengacu pada tugas­tugas perkembangan siswa.

2. Layanan Responsif

Layanan responsif adalah layanan bimbingan yang bertujuan untuk membantu memenuhi kebutuhan yang dirasakan sangat penting oleh peserta didik saat ini. Layanan ini lebih bersifat preventik atau mungkin kuratif. Stategi yang digunakan adalah konseling individual, konseling kelompok dan konsultasi. Isi layanan responsif adalah :

3. Layanan Perencanaan

individual Layanan perencanaan individual adalah layanan bimbingan yang membantu seluruh peserta didik dan mengimplementasikan rencana­rencana pendidikan, membantu siswa memantau pertumbuhan dan memahami perkembangan sendiri.

 4. Dukungan Sistem

Dukungan system adalah kegiatan­kegiatan manajemen yang bertujuan memantapkan, memelihara dan meningkatkan program bimbingan secara menyeluruh. Hal itu dilaksanakan melalui pengembangan profesionalitas, hubungan masyarakat dan staf, konsultasi dengan guru, staf ahli/penasehat, (Thomas Elis, 1990). Adapun menurut Prayitno, menjelaskan bahwa layanan bimbingan dan konseling mencakup sepuluh jenis layanan antara lain:

1. Layanan Orientasi

Layanan orientasi adalah layanan konseling yang memungkinkan klien memahami lingkungan yang baru dimasukinya untuk mempermudah dan memperlancar berperannya klien dalam lingkungan baru tersebut. Untuk lingkungan sekolah misalnya, materi layanan orientasi yang mendapat penekanan adalah bimbingan pribadi, meliputi:
  1. Fasilitas penunjang ibadah keagamaan yang ada di sekolah
  2. Hak dan kewajiban siswa
  3. Fasilitas penunjang seperti sarana olah raga dan rekreasi, pelayanan kesehatan, pelayanan bimbingan dan konseling, kafetaria, dan tata usaha

* Layanan orientasi dalam bidang bimbingan sosial, meliputi:


  1. Suasana kehidupan dan tata krama tentang hubungan sosial disekolah baik dengan   teman, guru wali kelas maupun staf sekolah lainnya
  2. Organisasi orang tua dan guru
  3. Organisasi siswa
  4. Organisasi sekolah secara menyeluruh
  5. Adanya bimbingan sosial bagi para siswa

* Layanan orientasi dalam bidang bimbingan belajar, meliputi:


  1. Sistem penyelenggaraan pendidikan pada umumnya
  2. Kurikulum yang ada
  3. Sistem penilaian, ujian, dan kenaikan kelas.
  4. Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar, jadwal pelajaran, guru­guru setiap mata pelajaran
  5. Kegiatan belajar yang dituntut dari siswa
  6. Adanya pelayanan bimbingan belajar bagi para siswa.
  7. Fasilitas dan sumber belajar yang ada, seperti ruang kelas, laboratorium, perpustakaan, ruang praktek, dan sebagainya.

* Layanan orientasi dalam bidang bimbingan karir, meliputi:


  1. Peran bimbingan dan konseling serta pelacakan karir di SD
  2. Pelaksanaan bimbingan karir untuk siswa SD
  3. Kegiatan yang diharapkan dari siswa dalam pelaksanaan bimbingan karir

2. Layanan Informasi

Layanan informasi adalah layanan konseling yang memungkinkan klien menerima dan memahami berbagai informasi yang dapat dipergunakan sebagai bahan pertimbangan dan pengambilan keputusan untuk kepentingan klien.

3. Layanan Penempatan dan Penyaluran

Layanan penempatan dan penyaluran adalah layanan konseling yang memungkinkan klien memperoleh penempatan dan penyaluran yang sesuai dengan bakat dan kemampuan masing­masing. Layanan penempatan dan penyaluran didahului oleh pengungkapan kondisi fisik siswameliputi:
  1. Keadaan panca indra
  2. Ukuran badan
  3. Jenis kelamin
  4. Keadaan fisik lainnya
  5. Kemampuan akademik, kemampuan berkomunikasi,bakat dan minat
  6. Kondisi psikofisik seperti terlalu banyak gerak, cepat lelah

4. Layanan Bimbingan Belajar

Bimbingan belajar merupakan salah satu bentuk layanan bimbingan yang penting diselenggarakan di sekolah.

5. Layanan Penguasaan

Konten Layanan penguasaan konten adalah layanan konseling yang memungkinkan klien mengembangkan diri berkenaan dengan sikap dan kebiasaan belajar yang baik, materi pelajaran yang cocok dengan kecepatan dan kesulitan belajarnya, serta berbagai aspek tujuan dan kegiatan belajar lainnya.

6. Layanan Konseling Individual

Layanan konseling individual adalah proses belajar melalui hubungan khusus secara pribadi dalam wawancara antara seorang konselor dan seorang konseli/klien.

7.  Layanan Bimbingan Kelompok

Bimbingan kelompok dimaksud untuk mencegah perkembangan masalah atau kesulitan pada diri konseli/klien.

8.  Layanan Konseling Kelompok

Layanan konseling kelompok pada dasarnya adalah layanan konseling perorangan yang dilaksanakan dalam suasana kelompok.

9.  Layanan Konsultasi

Pengertian konsultasi dalam program BK adalah sebagai proses penyediaan bantuan teknis untuk konselor, orang tua, administrator dan konselor lainnya dalam mengidentifikasi dan memperbaiki masalah yang membatasi efektifitas peserta didik atau sekolah.

10.  Layanan Mediasi

Layanan mediasi adalah layanan konseling yang memungkinkan permasalahan atau perselisihan yang dialami klien dengan pihak lain dapat teratasi dengan konselor sebagai mediator.

A.  Bidang Bimbingan Dan Konseling

Secara umum tujuan dari diadakannya bimbingan dan konseling bagi siswa / individu adalah mengungkap kekuatan, kelemahan, minat dan bakat yang ada pada diri siswa sehingga mampu berkembang secara optimal. Bimbingan dan konseling juga berfungsi agar siswa mengenal lingkungan sehingga mampu bersosialisasi dengan lingkungannya, baik lingkungan keluarga maupun lingkungan masyarakat. 

Selanjutnya bimbingan juga mambantu siswa untuk merencanakan masa depannya dengan maksud siswa mampu mempertimbangkan sendiri dan mengambil keputusan tentang masa depannya. Dengan beberapa tujuan diatas maka bimbingan dan konseling memiliki beberapa bidang yaitu bidang bimbingan pribadi sosial, bidang bimbingan karier, bidang bimbingan akademik / belajar, bidang bimbingan keluarga


Berikut penjelasan dari 4 bidang bimbingan diatas :


1.  Bimbingan Pribadi Sosial

Bimbingan pribadi sosial ialah membantu siswa dalam mengembangkan jati dirinya yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, mandiri, sehat jasmani dan rohani serta mampu berhubungan dengan lingkungan sosial yang dilandasi dengan budi pekerti yang baik memiliki tanggung jawab kemasyarakatan dan kenegaraan. 

Sebagai seorang siswa bimbingan pribadi sosial khusus menyelesaikan masalahmasalah yang timbul dalam pergaulan di sekolah, diantaranya hubungan sesama teman, guru / dosen, staf, penyesuaian diri dengan lingkungan pendidikan. 

Menurut Drs. Dewa Ketut Sukardi bidang bimbingan pribadi­sosial ini dapat dirinci menjadi pokok­pokok berikut.
  1. Pemantapan sikap dan kebiasaan serta pengembangan wawasan dalam beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Pemantapan pemahaman tentang kekuatan diri dan pengembangannya untuk kegiatan­kegiatan yang kreatif dan produktif, baik dalam kehidupan sehari­hari maupun untuk peranannya di masa depan.
  3. Pemantapan pemahaman tentang kelemahan diri dan usaha penanggulangannya.
  4. Pemantapan kemampuan mengambil keputusan.
  5. Pemantapan kemampuan mengarahkan diri sesuai dengan keputusan yang telah diambilnya.
  6. Pemantapan dalam merencanakan dan penyelenggarakan hidup sehat, baik secara rohaniah maupun jasmaniah.
  7. Pemantapan kemampuan berkomunikasi, baik melalui ragam lisan, tulisan secara efektif.
  8. Pemantapan kemampuan menerima dan menyampaikan pendapat serta beragumentasi secara dinamis, kreatif, dan produktif.
  9. Pemantapan kemampuan bertingkah laku dan berhubungan sosial, baik dirumah, di sekolah maupun di masyarakat luas dengan menjunjung tinggi tata­krama, sopan santun, serta nilai­nilai agama, adat, hukum, ilmu, dan kebiasaan yang berlaku.
  10. Pemantapan hubungan yang dinamis, harmonis, dan produktif dengan teman sebaya, baiuk di sekolah yang sama, disekolah yang lain, diluar sekolah, ,aupun di masyarakat pada umumnya.
  11. Pemantapan pemahaman kondisi dan peraturan sekolah serta upaya pelaksanaannya secara dinamis dan bertanggung jawab.
  12. Orientasi tentang hidup berkeluarga.



2. Bimbingan Karier

Bimbingan karier ialah bimbingan untuk membantu individu dalam perencanaan, pengembangan, dan penyelesaian masalah­masalah karier, seperti pemahaman jabatan dan tugas­tugas kerja, pemahaman kondisi dan kemampuan diri, pemahaman kondisi lingkungan, perencanaan dan pengembangan karier, penyesuaian pekerjaan, dan penyelesaian masalah­masalah karier yang di hadapi. 

Bimbingan karier ini juga merupakan layanan tingkat lanjut dari program pendidikan, layanan ini menekankan pengembangan di setiap aspek yaitu afektif, kognitif dan psikomotorik sehingga siswa / peserta didik memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam kehidupan sosial­budaya yang selalu berubah. Dalam kata lain bimbingan karier membantu individu sepanjang hidup. Menurut Drs. Dewa Ketut Sukardi bidang bimbingan karier ini dapat dirinci menjadi pokok­pokok berikut :
  • Pemantapan pemahaman diri berkenaan dengan kecenderungan karier yang hendak di kembangkan.
  • Pemantapan orientasi dan informasi karier pada umumnya, khususnya karier yang dikembangkan.
  • Orientasi dan informasi terhadap pendidikan yang lebih tinggi, khususnya sesuai dengan karier yang hendak dikembangkan. 



3. Bimbingan Akademik / Belajar

Bimbingan akademik yaitu bimbingan yang diarahkan untuk membantu para individu dalam menghadapi dan menyelesaikan masalah­masalah akademik. Sedangkan menurut Drs. Dewa Ketut Sukardi bimbingan belajar atau akademik adalah bimbingan dalam hal menemukan cara belajar yang tepat, dalam memilih program studi yang sesuai dan dalam mengatas ­kesukaran yang timbul berkaitan dengan tuntunan-­tuntunan belajar di suatu intitusi pendidikan. 

Sehingga kami simpulkan, bimbingan akademik ialah bimbingan yang diberikan dalam rangka memudahkan siswa dalam mendapatkan pengajaran yang diberikan oleh guru serta siswa dapat mengatasi masalah­-masalah yang ada. 

Dengan adanya bimbingan ini diharapkan siswa tidak salah menentukan program studi yang dimabil dan materi yang akan di pelajari. Bidang ini dapat dijabarkan sebagai berikut.
  • Pemantapan sikap, kebiasaan dan dan ketrampilan belajar yang efektif dan efisien serta produktif, dengan sumber belajar yang menarik dan bervariasi.
  • Pemantapan sistem belajar dan berlatih, baik secara individu / sendiri maupun dengan cara berkelompok.
  • Pemantapan pemahaman materi program studi di sekolah sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan buday.
  • Pemantapan pemahaman dan pemanfaatan konsisi fisik, sosial, dan budaya yang ada di lingkungan masyarakat sosial agar empu mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan mengembangkan diri.
  • Orientasi belajar untuk pendidikan tambahan dan pendidikan yang lebih tinggi.

 4. Bimbingan Keluarga

Bimbingan keluarga adalah bimbingan yang diberikan individu khusus yang telah berkeluarga sehinga menjadi pimpinan dalam keluarga yang mampu menciptakan keharmonisan dan rasa aman bagi tiap­tiap anggota keluarga, dapat menciptakan dan menyesuaikan diri dengan norma­norma keluarga, serta berperan aktif dalam menciptakan keluarga yang bahagia. 

Bimbingan keluarga juga diharapkan membantu individu yang akan berkeluarga dalam memahami tugas dan tanggung jawabnya sebagai anggota keluarga. Juga diharapkan dengan bimbingan ini semua anggota keluarga berbagi strategi dan teknik berkeluarga yang sukses, harmonis dan bahagia.

Lihat juga : Pendidikan Menanamkan Karakter Anak Sejak Usia Dini

Sekian pembahasan kali ini semoga bermanfaat dan berguna bagi rekan-rekan semuanya. Apabila ada keluhan atau yang ingin di tanyakan silakan tulis saja di kolom komentar yang telah di sediakan. Sekian dan terima kasih.
BIMBINGAN KONSELING di SD (Jenis-jenis Layanan dan Cara Menangani Anak Sekolah Dasar)
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.