Sabtu, 22 September 2018

Pembelajaran Matematika Kelas IV Materi FPB dan KPK, Lengkap dengan Media dan RPP

Bertemu lagi dengan saya guruenjoy.com, pada postingan kali ini saya akan membahas mengenai Pembelajaran lengkap matematika di SD mengenai Faktor dan Kelipatan menggunakan media saya yakni media DAKOTA. Untuk itu silahkan simak penjelasan berikut ini.


PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SD KELAS IV MATERI FAKTOR DAN KELIPATAN YAITU MENENTUKAN KPK DAN FPB DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN DAKOTA
Dibuat Oleh,







Awal Hudaeva
NPM (15210618562)


ALAT PERAGA

Suatu alat yang dapat diserap oleh mata dan telinga dengan tujuan membantu guru agar proses belajar mengajar siswa lebih efektif dan efisien adalah definisi dari Alat Peraga menurut (Sudjana, 2009)

Proses dalam pembelajaran memerlukan media yang penggunaannya diintegrasikan dengan tujuan dan isi atau materi pelajaran yang dimaksudkan untuk mengoptimalkan pencapaian suatu tujuan pengajaran yang telah ditetapkan. Fungsinya media pembelajaran atau alat peraga pendidikan dimaksudkan agar komunikasi antara guru dan siswa dalam hal penyampaian pesan, siswa lebih  mudah untuk memahami dan mengerti tentang konsep abstrak matematika yang diinformasikan kepadanya. Anak didik yang diajarkan akan  lebih mudah memahami materi pelajaran jika ditunjang dengan alat peraga pendidikan.

Tentunya Alat peraga untuk  pelajaran matematika sangatlah beragam, salah satunya  yaitu alat peraga “DAKOTA” (Dakon Matematika) yang mana alat peraga ini dikhususkan untuk materi pelajaran KPK dan FPB. Alat tersebut dibuat untuk    mempermudah anak-anak sekolah dasar mempelajari dan memahami tentang materi tentang KPK dan FPB, yang mungkin masih di rasa sulit oleh mereka yang mempelajarinya. Dengan adanya alat peraga “DAKOTA'' dalam proses belajar mengajar diharapkan murid-murid tersebut tidak mengalami kesulitan dalam memahami materi KPK dan FPB. Selain itu juga, alat praga atau media DAKOTA ini bisa membuat suasana kelas menjadi lebih akrab, penuh keceriaan dan proses belajar mengajar bisa berlangsung dengan efektif karena menimbulkan perasaan bahagia dan juga pembelajaran yang bermakna bagi murid-murid karena alat peraga yakni DAKOTA yang ditampilkan cukup menarik perhatian mereka. 

Alat dan bahan yang digunakan dalam pembuatan media dakota adalah:
1. Steropom
2. Gunting
3. Kater
4. Spidol
5. Double tip
6. Penggaris
7. Cup agar ukuran kecil
8. Kertas lipat
9. Sedotan warna hitam, putih, dan merah
10. Pensil

alat dan bahan, https://www.guruenjoy.com
Alat dan Bahan



Cara membuat Media Dakota:
1. Siapkan satu steropom,
2. Potong/guntinglah sedotan yang berwarna putih, merah, dan hitam dengan ukuran 2 cm masing-masing sebanyak 24 potong.
3. Ambil kertas lipat lalu pola Hurup dengan kata '' DAKOTA KPK DAN FPB''
4. Ambil kertas lipat, Gunting kertas lipat dengabn ukuran 2x2 CM dan beri angka tiap kertas yang sudah d potong mulai dari angka 1-24.
5. Setelah itu tempelkan kertas yang sudah d beri angka ke cup yang berjumlah 24,  dengan nomor yang berurutan.
6. Ambil steropom, tempelkan 3 kertas lipat sepanjang 5 cm dengan lepar 50 cm dengan menggunakan double tip.
7. Setelah kertas lipat itu d tempelkan, susun dan tempelkan cup yang telah di beri angka secara berurutan, (baris pertama 8 cup,baris ke 2 dan 3 juga 8 cup dengan no berurutan)
8. Setelah itu tempelkan kertaslipat yang berbentuk kata DAKOTA di paling atas dan KPK dan FPB di tempelkan di bawah kata DAKOTA.
9. Pasang 2 buah cup d samping kata KPK dan FPB sebagai tempat untuk sedotan.

media pembelajaran dakota, https://www.guruenjoy.com
Media Pembelajaran DAKOTA


Penerapan Alat Peraga Dakon Matematika dalam Pembelajaran KPK dan FPB

Sebelum menggunakan media, Murid dipastikan harus paham konsep perkalian terlebih dahulu, dan juga harus mengetahui faktor dan kelipatan.  Setelah itu barulah guru  mulai memperkenalkan konsep kelipatan dan faktor persekutuan. guru bisa mencoba mendemonstrasikan alat peraga “DAKOTA” ini didepan murid.cara-caranya:

  1. Terlebih dahulu siswa harus dikenalkan kepada media Dakota ini, sedotan hitam untuk mencari kelipatan angka pertama dan sedotan putih untuk mencari kelipatan angka kedua, sedangkan sedotan merah sebagai bentuk faktornya. 
  2. Berikan soal mudah terlebih dahulu misal mencari KPK 2 dan 3.  
  3. Masukkan sedotan warna hitam untuk kelipatan dari 2 yakni letakkan pada cup nomor (2,4,6,8,10,12,14,16,18,20,22,24,...) 
  4. Lalu masukkan sedotan warna putih untuk kelipatan dari 3 yakni letakkan pada cup nomor (3,6,9,12,15,18,21,24,….). Maka dalam cup akan berisi 2 sedotan pada cup yang sama yaitu (6,12,18,24,…).
  5. Kemudian guru menjelaskan bahwa (6,12,18,24,….) adalah kelipatan persekutuan dari 2 dan 3. Dan dari kelipatan persekutuan tersebut, bilangan yang terkecil adalah 6. Jadi KPK dari 2 dan 3 adalah 6. 


Nah setelah murid memahami aturan mainnya guru juga bisa menggunakan media ini kedalam bentuk permainan. Pertama ajak siswa untuk benyanyi (lagu balonku ada lima) dengan menggunakan alat bantu spidol sebagai bentuk dimna nyanyian itu berhenti , juka lagu sudah berhenti suruhlah murid yang menerima spidol terakhir itu untuk bermain ke depan,  begitupun seterusnya. Apapun cara memainkannya : (untuk mencari KPK)

1. Permainan ini dilakukan oleh dua orang. 
2. Setiap orang memegang satu angka (misalnya mencari KPK dari 5 dan 2 maka orang pertama fokus pada angka 5 dan orang selanjutnya fokus pada angka 2).
3. Orang pertama yang memegang angka 5 maka dia akan menjalankan/mencari kelipatan dengan menjalankan sedotan warna putih (mengisi cup) pada kelipatan lima.
4. Setelah orang pertama selesai maka orang ke dua melanjutkan permainan dengan memasukkan sedotan hitam  pada cup kelipatan dua kemudian berhenti setelah sedotan orang pertama dan sedotan orang kedua berada pada satu lobang (lobang 10). 
5. Sedotan pemain pertama dan pemain kedua berada pada cup kesepuluh maka 10 merupakan KPK dari 5 dan 2. 
6. Permainan diulang dengan soal yang berbeda.
Langkah untuk mencari FPB : 
1. Misal mencari FPB dari 6 dan 8.  
2. Orang pertama meletakkan sedotan putih pada bilangan yang merupakan faktor dari 6 (1, 2, 3, 6). 
3. Orang kedua meletakkan sedotan hitam pada bilangan yang merupakan faktor dari 8 (1, 2, 4, 8)
4. Perhatikan cup yang terisi 2 sedotan. 
5. Bilangan terbesar di mana terdapat 2 biji dengan warna berbeda merupakan faktor persekutuan terbesar dari kedua bilangan. 
6. Jadi 2 merupakan FPB dari 6 dan 8. 

Gambar untuk mencari KPK
Langkah ke 3
gambar langkah-langkah, https://www.guruenjoy.com
Gambar langkah-langkah

gambar langkah-langkah1, https;//www.guruenjoy.com
Gambar langkah-langkah

Berikut ini adalah contoh RPP nya.

rpp guruenjoy

4. Siswa dapat menentukan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dari dua bilangan.





Kelipatan persekutuan dari  dan 6 adalah 12, 24, 36, 48, ....


h. Siswa mencoba pengoprasian FPB melalui media Dakota.

3.Kegiatan Akhir 
Durasi : 3 x 5 menit
a.Evaluasi 
  1. Guru melakukan tanya jawab dengan siswa.
  2. Guru memberikan tugas kepada siswa.

b. Guru menyimpulkan pelajaran yang telah disampaikan.
c. Guru memberi tahu materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.
d. Guru menutup proses pembelajaran dengan memotivasi siswa untuk belajar lebih baik lagi, 
e. Guru mengkondisikan siswa untuk berdoa.
f. Mengucapkan salam.

I.Penilaian
1.Jenis Tes : Post Tes
2.Bentuk Penilaian : Tes Tertulis
3.Soal
  1. Kelipatan 4 adalah .....
  2. Kelipatan 7 adalah .....
  3. Kelipatan persekutuan 4 dan 7 adalah ....
  4. Jadi, KPK dari 4 dan 7 adalah .....
  5. Kelipatan 6 adalah .....
  6. Kelipatan 8 adalah .....
  7. Kelipatan persekutuan 6 dan 8 adalah ....
  8. Jadi, KPK dari 6 dan 8 adalah ....

3). Tentukan KPK dari  5 dan 8 .....
4). Faktor dari 10 adalah .....
  1. Faktor dari 15 adalah .....
  2. Faktor persekutuan 16 dan 22 adalah .....

5). Tentukan KPK dari 23 dan 30 .....

4. Deskrifsi penilaian
a. Soal evaluasi terdiri dari 5 butir dalam bentuk essai, masing-masing soal mempunyai point yang sama.
b.Apabila jawaban benar maka tiap soal diberi point 2.
c.Apabila jawaban salah maka skornya 0.




Belajar matematika tentunya kalau dilihat saja akan sangat susah untuk dipahami, contohnya ketika mendengar pembelajaran FPB dan KPK pada mateka ini akan susah dibayangkan beda halnya dengan langsung terjun dengan praktiknya apalagi dengan menggunakan media DAKOTA ini akan mempermudah dalam mengerjakannya.


Demikian postingan kali ini semoga bisa membantu khususnya rekan-rekan mahasiswa dan juga Bapak/Ibuguru yang mengajar di Sekolah dasar. Berikan komentar terhadap blog ini supaya blog ini kedepannya lebih baik lagi. Terima kasih. 
Pembelajaran Matematika Kelas IV Materi FPB dan KPK, Lengkap dengan Media dan RPP
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.