Kamis, 13 April 2017

Media dalam Pembelajaran Matematika di SD

Selamat Malam sahabatku semuanya !!!

Bertemu lagi dengan saya guruenjoy.blogspot.com setelah kemarin-kemarin saya tidak share dan berjumpa dengan sobat-sobat semuanya karena sibuk dengan jadwal perkuliahan yang padat. 

Nah kali ini saya akan mencoba membagikan hasil belajar saya di kampus mengenai Media Pembelajaran khususnya matematika karena pada mata perkuliahan matematika oleh dosen ibu poppy anggraeni, M.pd. Untuk itu langsung saja ke pembahasan kali ini silakan simak dan pelajari dengan seksama.



guruenjoy.blogspot.com

Pengertian Media Pembelajaran.

Alat bantu pembelajaran yang secara sengaja dan terencana disiapkan atau disediakan oleh guru untuk mempresentasikan dan atau menjelaskan bahan pelajaran, serta digunakan siswa untuk dapat terlibat langsung dengan pembelajaran matematika.

Karakteristik materi matematika yang secara umum bersifat abstrak menuntut kreatifitas guru untuk melaksanakan, menyiapkan dan membuat media pembelajaran matematika yang tepat sehingga dapat membantu dan memudahkan guru dalam proses pembelajaran.

Alat bantu yang akan digunakan dalam kelas dapat digunakan dalam kelas dapat digunakan untuk :

  • Mengerjakan sesuatu tugas.
  • Tempat menulis pelajaran.
  • Membuat grafik.
  • Menampilkan gambar atau label.
  • Memberikan penjelasan.
  • Mengganti dan mempelajari hasil perhitungan.
  • Menyelidiki suatu pola, dan 
  • Berlatih soal-soal.

Keuntungan menggunakan media pembelajaran :

  • Lebih menarik dan tidak membosankan bagi siswa.
  • Lebih mudah dipahami karena dibantu visualisasi yang dapat memperjelas uraian.
  • Lebih bertahan lama untuk diingat karena siswa lebih terkesan terhadap tayangan atau tampilan.
  • Mampu melibatkan peserta pembelajaran lebih banyak dan lebih tersebar (radio, TV, internet).
  • Dapat digunakan berulang kali untuk meningkatkan penguasaan bahan ajar (kaset, VCD, DVD, film).
  • Lebih efektif karena dapat mengurangi waktu pembelajaran.


Jenis-Jenis Media.

Media pembelajaran dapat diklasifikasikan menjadi beberapa klarifikasi tergantung dari sudut mana melihatnya. Dilihat dari sifatnya, media dapat dibagi kedalam media audit, yaitu media yang hanya dapat didengar saja hanya mengandung unsur suara saja.

Kriteria utama yang harus diperhatikan guru dalam memilih media pembelajaran :
  1. Kecocokan dengan materi pembelajaran.
  2. ketersediaan alat bantu dukungan.
  3. Kemampuan finansial untuk pengadaan dari operasional.
  4. Kemampuan dan keterampilan menggunakan media dengan tepat dan benar.
Paket-paket pembelajaran matematika dalam bentuk perangkat lunak yang siap pakai maupun yang dibuat oleh guru dapat berupa :
  1. Model Tutorial.
  2. Model latihan dan praktek.
  3. Model Simulasi (demonstrasi).

Media Tayangan.


Media tayangan adalah media yang mampu menayangkan program pembelajaran pada layar sehingga bisa dilihat oleh banyak orang. Media ini dapat berupa :

  • OHP atau OHT
  • LCD Projector
  • Film
  • Audio-Video
  • dan TV.

Nah itulah sedikit penjelasan mengenai media pembelajaran. Ikuti terus perkembangan blog guruenjoy.blogspot.com. Apabila ada yang ditanyakan dan belum paham mengenai materi tersebut, mohon di komentari di kolom komentar yang telah disediakan. Terima kasih.
Media dalam Pembelajaran Matematika di SD
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.