Kamis, 20 September 2018

Sejarah, Lokasi, dan Perkuliahan STKIP 11 April Sumedang (UNSAP)

stkip unsap, https://www.guruenjoy.com/
STKIP 11 April Sumedang


Pada kesempatan kali ini, kami akan share secara rinci mengenai sejarah, tempat, dan lainnya yang berhubungan dengan UNSAP. Unsap adalah singkatan dari Universitas 11 April Sumedang. Di sini kalian akan memasuki lingkungan perkuliahan yang nyaman dan tentunya juga berprestasi dalam segala bidang. Berikut uraiannya.

logo unsap, https://www.guruenjoy.com

Baca juga : Pengertian Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

STKIP atau Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Sebelas April Sumedang merupakan sebuah perguruan tinggi swasta yang berada di kota Sumedang. Perguruan ini didirikan dan dikelola oleh Yayasan Pendidikan Sebelas April Sumedang (YPSA). Berlokasi di kawasan Jalan Angkrek Situ Sumedang.

Berdasarkan sejarahnya, pendirian Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Sebelas April Sumedang mulai dirintis pada tanggal 20 Maret 1981 di rumah dinas Ketua DPRD. Pada waktu itu dilakukan pertemuan yang digagas oleh Drs. Endang Sukandar, Drs. M. Barnas Komaludin dan Drs. Yaya Sayaman serta dihadiri oleh Kepala Kandepdikbud Sumedang (Drs. Kosam Erawan), Ketua DPRD (Oyo Sunaryo), Drs. Otoy Sutarman, Drs. Ase Suherlan dan Udin S. Pertemuan ini dimaksudkan untuk mempertemukan tokoh-tokoh masyarakat yang berkeinginan logis dan bernilai luhur untuk memprakarsai berdirinya sebuah Universitas di Kota Sumedang.

Pertemuan tersebut dilanjutkan dengan pertemuan berikutnya yang dilaksanakan di Gang Ojon No. 82 Sumedang tepatnya di rumah Drs. Endang Sukandar yang selanjutnya dijadikan sebagai sekretariat atau pusat kegiatan persiapan. Dari tempat inilah terjalinnya hubungan dengan instansi terkait baik yang berada di Jakarta, Bandung dan Sumedang. Menyesuaikan dengan peraturan yang berlaku, sebuah lembaga perguruan tinggi swasta harus berada di bawah naungan yayasan yang bergerak dalm bidang pendidikan, maka seluruh pemrakarsa sepakat untuk mendirikan sebuah yayasan.

Pada tanggal 29 Januari 1982, diadakan pertemuan kembali yang pada akhirnya menghasilkan kesepakatan tentang pembentukan kepanitiaan yang dikukuhkan dengan SK Bupati Kepala Daerah Tingkat II Sumedang No. 10/KS.415/SK/1982 tentang Panitia Persiapan Pendirian Perguruan Tinggi. Dan pada hari Senin, 17 Mei 1982 pukul 15.30 bertempat di rumah Bupati Sumedang di Gudang Kopi, terbentuklah Yayasan Pendidikan Sebelas April Sumedang (YPSA) yang disahkan oleh notaris Christy S. Sutadikusumah, S.H. dengan akta notaris Nomor: 24 Tanggal 17 Mei 1982 dan selanjutnya disahkan oleh Pengadilan Negeri Sumedang Nomor: 68/1982 Tanggal 18 September 1982.

Pada perkembangan selanjutnya, YPSA Sumedang disempurnakan oleh Notaris Christy S. Sutadikusumah, S.H. dengan Nomor: 15 Tanggal 25 Februari 2005. Dan pada pembaharuan terakhir dilakukan oleh Notaris Ike Subariah, S.H. dengan Nomor: 017/Not/X/2010 tanggal 13 Oktober 2010. Pada saat ini YPSA Sumedang telah tercatat dan disahkan oleh Menkumham dengan Nomor: AHU-4936.01.04/2010 tanggal 10 Desember 2010.

Panitia Persiapan Pendirian Perguruan Tinggi saat itu membentuk Universitas Sebelas April Sumedang (Unsap) Sumedang dengan menawarkan 5 Fakultas, yaitu: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik, dan Fakultas Pertanian. Dari kelima fakultas tersebut, hanya dua fakultas yang banyak peminatnya, yaitu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan Fakultas Ekonomi.

Karena bersamaan pada syarat-syarat terbentuknya suatu universitas, yakni harus ada fakultas eksak, maka Unsap Sumedang tidak dapat dibentuk. Sambil menunggu persiapan menjadi sebuah universitas, berdasarkan hasil pertimbangan yang matang dari para pengurus YPSA Sumedang, maka dibentuk terlebih dahulu sekolah-sekolah tinggi diantaranya Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang berasal dari FKIP Unsap Sumedang yang sekarang dikenal dengan STKIP Sebelas April Sumedang.

Saat ini ada enam Program Studi (Prodi) yang diselenggarakan oleh STKIP Sebelas April Sumedang. Keenam prodi tersebut adalah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Diksastrasia), Program Studi Pendidikan Matematika (Penmat), Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (PJKR), Program Studi Pendidikan Guru PAUD (PG PAUD), Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan Program Studi Pendidikan Teknik Mesia (PTM).

Dalam menyelenggarakan kegiatan perkuliahannya, STKIP Sebelas April Sumedang didukung dengan berbagai fasilitas perkuliahan. Termasuk fasilitas fisik seperti bangunan perkuliahan yang representatif, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, laboratorium micro teaching, sarana olahraga, perpustakaan, gedung serbaguna, ruang fitnes, masjid, dan gedung olahraga (GOR) bertaraf nasional. Didukung juga dengan berbagai fasilitas pengembangan bagi mahasiswa seperti Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Senat Mahasiswa (SEMA), Himpunan Mahasiswa (HIMA), dan himpunan mahasiswa lainnya yang akan menyalurkan minat dan bakat mahasiswa dalam kegiatan ekstrakurikuler.

Dan bagi mahasiswa yang berprestasi tersedia beasiswa seperti Beasiswa Bidikmisi yang diberikan selama menempuh perkuliahan sampai dengan mendapatkan gelar akademik. Ada juga beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (BPPA) yang diberikan kepada mahasiswa yang berprestasi serta aktif baik dalam kegiatan akademik maupun bidang kemahasiswaan.

STKIP Sebelas April Sumedang telah mendapatkan akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional (BAN) Perguruan Tinggi (PT). Begitu juga dengan program studinya, semua prodi yang ada di STKIP Sebelas April Sumedang telah terakreditasi.

STKIP Sebelas April Sumedang tiap tahun akademik menerima pendaftaran mahasiswa baik mahasiswa baru, mahasiswa pindahan maupun mahasiswa lanjutan. Pendaftaran mahasiswa di STKIP Sebelas April Sumedang ini tidak dibatasi oleh usia dan tahun ijazah, asalkan sehat secara jasmani dan rohani serta bersedia membayar uang pendaftaran.


unsap, https://www.guruenjoy.com/
Lokasi UNSAP/STKIP 11 APRIL SUMEDANG



4. Bisa menggunakan angkutan umum Sumedang ataupun berjalan kaki, turun di pertigan Anggrek dan jalan kaki sekitar 100 meter.

Berikut Kontak STKIP 11 April Sumedang.

kontak, https://www.guruenjoy.com/
Kontak STKIP 11 April Sumedang


Nah, jika kalian berminat khususnya adik-adik untuk meneruskan perkuliahan di sini bisa dilihat inf berikut ini.

Persyaratan Pendaftaran
Persyaratan Umum
1.Lulusan SMA Umum/Kejuruan dan Diploma, tanpa batasan umur dan tahun ijazah
2.Sehat Jasmani & Rohani
3.Membayar Registrasi Pendaftaran Sebesar Rp. 250.000,-
Persyaratan Pendaftaran Umum
1.Fotokopi STTB/Ijazah SMA/SMK/MA/Sederajat yang telah dilegalisir (3 lembar)
2.Fotokopi KTP (1 lembar)
3.Foto berwarna 3 x 4 dan 2 x 3 masing-masing (4 lembar)

Seleksi
Seleksi dilaksanakan langsung pada saat pendaftaran (one day to register and direct test service)

Biaya Pendidikan
Kewajiban keuangan bagi calon mahasiswa yang diterima adalah :
1.Biaya Pendaftaran Rp. 250.000,-
2.Jaket Almamater Rp. 175.000,-
3.PPSPP Rp. 325.000,-
4.Uang Kuliah (UPP) Rp. 1.500.000,-/Semester
5.Uang Sumbangan Bangunan (USB) Rp. 1.700.000,-
6.Biaya Praktikum Rp. 350.000,- (pada saat ada jadwal)
Catatan : Kewajiban keuangan sewaktu-waktu berubah sesuai dengan ketentuan YPSA
Keterangan:
-USB dibayar 1 kali selama kuliah dan uang praktekum di bayar setiap ada kegiatan praktek.
-Membayar 50% pada saat dinyatakan lulus seleksi sisanya dapat dicicil

Pembayaran Keuangan/dana diatas seluruhnya disetor melalui rekening :
1.Bank JABAR Cab. Sumedang No. Rek. 011.001.001.1941
2.Bank MANDIRI Cab. Sumedang No. Rek. 131.000.467417.4
3.Bank BNI Cab. Sumedang No. Rek. 22022043
4.Bank MEGA Cab. Sumedang No. Rek. 011860011000137
5.Bank CIMB Niaga Cab. Sumedang No. Rek.
6.Bank BRI No. Rek. 0094-01-000424-30-0
7.Bank Syariah MANDIRI No. Rek. 2970010580
8.Bank Tabungan Negara No. Rek. 00381.01.30.00000.59
9.Bank Jabar Banten Syariah Cab. Sumedang No. Rek. 01.02.000.111
a.n Yayasan Pendidikan Sebelas April Sumedang

Contact Person
Dadan Setia Nugraha., M.Si 085 222 143 163
Hj. Fepi Febiyanti., M.I.Kom 082 217 111 040
Irma Hermayanti,. M.Si 085 323 551 366
Tedi Marliady N., M.Si 081 320 416 794


Demikian penjelasan dari kami, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua khususnya adik-adik yang kebingungan untuk meneruskan perkuliahan. Sedikit curhatan selama saya tinggal di lingkungan kampus ini, alhamdulilah tidak ada masalah apa-apa dan tentunya juga banyak yang berprestasi kecuali saya hehe. Terima kasih.

Diambil dari berbagai Sumber
Sejarah, Lokasi, dan Perkuliahan STKIP 11 April Sumedang (UNSAP)
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.