Kamis, 30 Agustus 2018

Gejala Alam di Indonesia

Source : Pixabay


Assalamualaikum Wr.Wb.

Setelah kemarin kita belajar mengenai keaadaan alam, kali ini kita akan membahas gejala-gejala alam apa saja yang ada atau sering kita alami di negara kita ini yakni Indonesia. Kalian pasti sudah tahu kan gejala alam? kalau dalam bahasa sehari-hari bisa disebut bencana alam. Pasti kalian pernah merasakan atau melihat gejala-gejala alam di tempat kalian tinggal atau mendengar berita di televisi. Semoga saja kita dalam perlindungan tuhan semuanya. Amin. Berikut mengenai penjelasan gejala alam yang terjadi di indonesia.

  • Gempa bumi

Gempa bumi merupakan getaran  pada permukaan atau dasar bumi yang disebabkan oleh pergeseran tanah atau kejadian yang terjadi di bawah permukaan bumi. Penyebabnya bisa bermacam- macam. Gempa bumi dapat disebabkan oleh bertemunya dua lempeng bumi yang bergerak ataupun letusan gunung berapi yang sangat besar. Besarnya  getaran yang terjadi di permukaan bumi tergantung dengan besarnya titik lokasi gempa yang terjadi. Skala besar kecilnya gempa ini biasanya dinyatakan dalam bentuk skala richter atau SR. Alat untuk mengukur gempa itu sendiri disebut seismograf.
  • Tsunami

Tsunami merupakan gejala alam berupa berpindahnya atau bergeraknya massa air yang begitu besar menuju ke pantai hingga ke daratan yang lain. Tsunami terjadi akibat adanya gempa bumi yang terjadi di bawah laut. Jika besarnya getaran terlalu kuat, maka gempa di bawah laut tersebut akan memicu terjadinya tsunami. Akibat dari besarnya gempa tersebut berupa gelombang yang besar kemudian menerpa pantai dan daratan.

Source : Pixabay

  • Letusan gunung berapi 

Macam- macam gejala alam di Indonesia yang sering terjadi yaitu letusan gunung berapi. Indonesia merupakan negara yang mempunyai gunung berapi dalam jumlah yang banyak. Gunung berapi yangmeletus akan memuntahkan beberapa behan material seperti batuan, magma dan juga lava.
  • Banjir 

Banjir adalah luapan air di sungai,karena tingkat air yang tinggi dan banyak dari sungai yang sudah tidak bisa mampu menampung air lagi. Ini biasanya terjadi pada musim hujan. Jumlah banyak atau tingginya air bertambah banyak, sedangkan tidak ada tempat yang menampung. Banjir bisa diakibatkan oleh beberapa hal. Semakin sedikit jumlah pohon yang ada, maka semakin besar resiko banjir karena tidak adanya alat untuk menyerap jika air meluap kecuali akar pohon. Oleh karena itu, air langsung ditampung di sungai. kalau sungai sudah tidak mampu menampung, waspadalah air akan meluap dan menjadikan banjir. 
  • Angin topan

Angin topan merupakan angin yang sangat kencang karena terjadi tekanan udara yang berbeda. Angin topan sangat kencang dan besar sekali sehingga dalam skala yang besar dapat berakibat rubuhnya bangunan yang kurang kuat.
Angin puting beliung
Angin puting beliung merupakan angin kencang yang berupa pusaran angin tinggi. Angin ini juga dapat menghancurkan beberapa bangunan yang kurang kuat.
  • Tanah longsor

Tanah longsor biasanya sering terjadi di gunung atau dataran tinggi ataupun tebing-tebing. Tanah longsor juga biasanya terjadi ketika musim hujan. Disebabkan tanah yang tidak mampu menahan beban dalam kemiringan tanah. Biasanya terjadi di daerah lahan kosong.
Kebakaran hutan
Kebakaran hutan adalah gejala alam yang sangat sering terjadi di indonesia. Bisa disebabkan oleh ulah manusia atau yang lain. Biasanya sering terjadi pada musim kemarau karena akibat panas yang terlalu berlebihan.

Pada dasarnya gejala alam ini ulah atau perbuatan tangan kita sendiri. Jika kita sadar akan alam janganlah membuat alam marah terhadap kita. 


Sebaiknya kita merawat alam kita ini dengan baik. Contohnya : Tidak menebang pohon di hutan, Tidak membuang sampah sembarangan, dan lain sebagainnya. Mungkin hanya sekian yang dapat saya sampaikan semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih. 
Gejala Alam di Indonesia
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.