Kamis, 06 September 2018

Ciri-Ciri Makhluk Hidup (Hewan)

CIRI-CIRI KHUSUS MAKHLUK HIDUP

Assalamualaikum Wr.Wb.

Pada pagi hari ini saya akan mencoba share pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah dasar kelas VI semester 1. 

Kalian pasti sudah sering mendengar kata Makhluk Hidup kan ? Nah, pada postingan kali ini saya akan menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup khususnya (hewan). Untuk itu silahkan simak penjelasannya berikut ini.

Makhluk hidup mampu menyesuaikan diri dengan lingkungannya atau (adaptasi). Berikut contoh jenis hewan  yang memiliki ciri-ciri khusus menyesuaikan diri terhadap lingkungannya.


A. Ciri Khusus Beberapa Hewan

Sebagian hewan memiliki bentuk penyesuaian diri terhadap lingkungannya untuk berlangsungnya kebutuhan hidup, contohnya seperti makan, minum, berkembang biak, dan melindungi dari musuh. Cara menyesuaikan diri dengan lingkungannya dapat berupa penyesuaian bentuk tubuh, fungsi setiap organ tubuh, dan tingkah laku juga. Berikut ini beberapa hewan yang mempunyai ciri-ciri khusus berupa bentuk menyesuaikan diri.

1. Bunglon

Pasti sudah tahu bunglon kan? Bunglon merupakan hewan reptil yang memiliki kemampuan khusus untuk mengubah warna kulitnya sesuai lingkungan disekitarnya. Kemampuan bunglon ini bisa disebut dengan kamuflase. Perubahan warna kulit ini mempunyai tujuan untuk melindungi diri dari musuh dan memudahkannya dalam menangkap serangga untuk makanannya.

Dengan merubah kulit sesuai lingkungan yang ada disekitarnya, Bunglon sangat sulit untuk terlihat oleh hewan pemangsannya.

Bunglon - Pixabay


2. Bebek

Selanjutanya bebek, Hewan ini merupakan kelompok burung yang habitat hidupnya berair, seperti rawa, sawah dan lainnya. Ciri dari bebek dalam penyesuaian diri terhadap lingkungannya adalah dalam bentuk paruh, bentuk kaki, dan bulunya. Bulu pada bebek ini dilapisi minyak sehingga berfungsi untuk menjaga agar bulu-bulu bebek tidak basah ketika berenang.

Bebek - Pixabay


3. Kelelewar

Mendengar kata kelelawar sekarang sudah mulai jarang terlihat berbeda dengan dulu. Hewan ini merupakan hewan mamalia atau menyusui yang mempunyai kemampua untuk terbang di udara. Hal ini karena pada alat gerak bagian depan terdapat selaput yang jika dibentangkan akan menjadi sayap. 

Kelelawar mempunyai pendengaran yang sangat bagus yang mampu mendengar gelombang ultrasonik. Ultrasonic ini merupakan gelombang yang memiliki frekuensi lebih dari 20.000 Hertz. Kelelawar juga mempunyai kemampuan ekolokasi. 

Ekolokasi adalah bagaimana cara memancarkan dan menerima pantulan gelombang ultrasonic untuk mendeteksi adanya pergerakan mangsa atau mengetahui keberadaan suatu objek.

Kelelawar - Pixabay


4. Katak

Jika mendengar katak pasti ada beberapa orang khususnya perempuan yang tidak suka akan hewan ini. Katak adalah hewan yang tergolong ke dalam kelompok amfibi yakni memiliki dua fase kehidupan, yaitu didarat dan diair. Penyesuaian diri katak terhadap lingkungan hidupnya berupa ciri khas dari bentuk kakinya, permukaan kulit dan bentuk tubuhnya.

Permukaan kulit katak ini halus, lembab, dan berlendir sehingga berguna untuk membantu dia bernafas didalam air. Kaki belakang katak juga yang kuat, panjang dan mempunyai selaput digunakannya untuk melompat, memanjat dan juga berenang.

Katak - Pixabay


5. Cicak dan Tokek

Hewan ini sering kita jumpai di rumah kita masing-masing apalagi cicak pasti sering kita melihat di dinding-dinding rumah kita. Cicak dan tokek mempunyai ciri khusus, antara lain kemampuannya untuk memutuskan ekor dan adanya perekat berupa alur-alur pada telapak kakinya. 

Perekat ini memungkinkan cicak dan tokek untuk melekat pada pohon dan dinding. Kemampuan cicak dan tokek memutuskan ekor tujuannya mengalihkan perhatian musuh yang mau memangsanya. Kemampuan ini disebut dengan autotomi.

Cicak dan Tokek - Pixabay


Itulah penjelasan mengenai 5 hewan yang mempunyai ciri khusus dalam perubahan bentuk tubuh untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua khususnya rekan guru yang mengajar dikelas VI SD.


Demikian yang bisa saya sampaikan. Apabila ada yang ingin berdiskusi atau ditanyakan bisa isi di kolom komentar maupun hubungi kontak yang telah disediakan. Terima kasih.
Ciri-Ciri Makhluk Hidup (Hewan)
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.