Rabu, 26 September 2018

Manfaat dan Keunggulan Mengambil Jurusan PGSD

Manfaat dan Keunggulan Mengambil Jurusan PGSD

PGSD adalah singkatan dari Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Melihat singkatan dari PGSD tersebut tentunya pemikiran kita pasti tertuju kepada guru yang mengajar di sekolah dasar. Setiap jurusan/prodi perkuliahan mempunyai keunggulan masing-masing, karena blog ini memuat tentang sekolah dasar dan perkuliahan jurusan PGSD maka saya bagikan keunggulan memilih jurusan PGSD. Berikut ini keunggulan jika kita mengambil jurusan PGSD, diantaranya adalah:

Manfaat dan Keunggulan Mengambil Jurusan PGSD, https://www.guruenjoy.com
Manfaat dan Keunggulan Mengambil Jurusan PGSD

1. Lapangan pekerjaannya yang cukup luas
Pendidikan sekolah dasar saat ini tentunya memerlukan banyak sekali tenaga guru, ini bisa terjadi karena banyaknya sekolah dasar yang tersebar di seluruh indonesia. Di setiap kampungsampai ke pelosok pasti ada sekolah dasar, berbeda dengan sekolah SMP atau pun SMA. Sebagai contohnya dikecamatan saya saja , di kecamatan cibalong ada sekitar 30 SD, apabila setiap Sekolah Dasar memerlukan 8 guru maka total guru yang diperlukan adalah 240 orang. Ini hanya dalam ruang lingkup kecamatan saja belum lagi untuk tingkat kabupaten ataupun tingkat nasional.


2. Pensiun Besar-besaran
Mendengar Rencana pensiun besar-besaran guru SD yang diakibatkan faktor usia, Sekretaris Direktur jendral Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PMPTK) Departemen Pendidikan Nasional mengatakan, mulai tahun 2017-2019 akan terjadi pensiunan masal bagi jutaan guru sekolah dasar (SD) di seluruh Indonesia. Tentunya, ini akan membutuhkan tenaga guru yang baru dan menjadi peluang pekerjaan bagi lulusan PGSD.

3. Gaji yang Lumayan Besar
Pemerintah tentunya sudah memperhatikan kesejahteraan guru SD dengan Gaji yang cukup besar, gajinya bisa mencapai 4-5 juta rupiah jika sudah di sertifikasi. Akan tetapi tentunya tidak mudah juga jika kita menilai pekerjaan dari sisi materi. Yang sangat penting adalah kepuasan kita dalam berbagai aspek.

PGSD Jurusan Favorit di Setiap Perkuliahan di Bidang Pendidikan


Banyak orang yang ingin ingin masuk kuliah di perguruan tinggi  favorit serta masuk jurusan yang favorit karena prospek ke depannya sangat baik. Oleh karena itu, banyak orang yang berbondong-bondong untuk masuk ke perguruan tinggi yang dimaksud dengan secuil harapan dapat cepat mendapatkan pekerjaan dan gaji cukup besar setelah lulus. Tetapi Sekarang masuk perguruan tinggi sangat sulit dan biayanya sangat besar. Maka bagi orang yang kurang mampu akan sangat sulit untuk meneruskan ke tingkat universitas. 

Jadinya kuliah itu hanya untuk kalangan orang yang mempunyai uang. Imbasnya kepada orang yang  berprestasi dari kalangan yang tidak mampu. Meski ada beasiswa dari pemerintah untuk yang tidak mampu, beasiswa itu pun tidak merata dan mungkin juga tidak sampai bagi anak-anak yang kurang nasibnya beruntung. Apalagi sekarang dengan uang masuk perguruan tinggi atau bahasa lainnya Uang Sumbangan Bangunan yang telah ditetapkan setiap perguruan tinggi sangat memberatkan sekali bagi masyarakat yang memiliki anak yang akan masuk universitas favoritnya.

Orang tua banyak yang tidak mau anak-anaknya salah masuk jurusan yang kedepannya kurang pasti pekerjaannya, maka dari itu, banyak dari kalangan orang tua yang mengarahkan para putra dan putrinya untuk masuk ke jurusan PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar) Jurusan yang menghasilkan guru-guru SD di Indonesia.

Ternyata jumlah yang mendaftar di universitas penyelenggara PGSD  membludak sangat banyak dan menjadi jurusan yang terbanyak diminati para calon Mahasiswa baru yang pasti menjadi jurusan favorit bagi semua anak dan kedua orang tuanya yang mengarahkan setelah lulus dari SMA. Saya tidak tahu apa alasan yang melatarbelakanginya mereka mau kuliah di jurusan PGSD.

Berikut sebagian pendapat setiap orang yang mungkin melatarbelakangi alasan masuk PGSD diantaranya yaitu :
  • Menggapai Cita-cita yakni seorang guru
  • Pekerjaan terjamin setelah Lulus Kuliah
  • Kesejahteraan Guru Sekolah Dasar
  • Guru mempunyai banyak Tunjangan
  • Adanya isu pensiun masal  guru SD yang usianya lanjut di Indonesia
  • Selain bekerja dan mendidik  guru juga mempunyai amal  dengan membimbing siswa

Point-point diatas adalah beberapa alasan yang melatarbelakangi mahasiswa baru untuk masuk PGSD. Mungkin juga masih banyak alasan-alasan lainnya, itu tergantung dari individu yang berkaitan.

Sekarang Yang terpenting dari setiap alasan untuk menjadi seorang guru adalah untuk memajukannya pendidikan di Indonesia dan membentuk kepribadian serta karakteristik anak yang baik serta ikhlas dalam mengabdikan diri ke pemerintah demi kemajuan anak. Semoga saja pendidikan di negeri Indonesia ini semakin baik kedepannya. 

Dan semoga perguruan tinggi pencetak guru di Indonesia dapat mencetak guru-guru yang baik dan berkualitas. Jangan hanya memperbanyak mahasiswa untuk mencari keuntungan saja, tetapi juga harus memperhatikan kualitas mahasiswanya yang akan menjadi calon guru berkualitas kelak dikemudian hari.

Profil Lulusan Program Studi PGSD

  • Lulusan yang bertakwa kepada Tuhan YME dan berkepribadian yang ditunjukkan dengan pola perilaku guru sekolah dasar yang mengutamakan nilai-nilai kedisiplinan, kearifan, kebijaksanaan, kehidupan sehat dan bugar.
  • Lulusan yang bisa merancang, melaksanakan dan menilai pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar yang mengacu terhadap pencapaian tujuan belajar baik dari segi kognitif, afektif maupun psikomotorik.
  • Lulusan yang mampu menguasai materi pembelajaran, metodologi pembelajaran dan juga perancang media pembelajaran yang interaktif dan sesuai dengan karakteristik pembelajaran operasional konkrit (nyata) di tingkat sekolah dasar.
  • Lulusan yang menguasai ilmu mendidik sehingga dapat menerapkan didaktik-metodik dalam menumbuhkembangkan peserta didik di tingkat sekolah dasar.
  • Lulusan yang mampu mengembangkan bidang keilmuannya melalui PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang berbasis pendidikan sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan teknlogi (IPTEK), Mempunyai wawasan yang bersifat global, kreatif, dan inovatif.
  • Lulusan yang juga mampu berkomunikasi empati dan berjiwa kewirausahaan serta memenuhi kebutuhan lingkungan masyarakat di tingkat sekolah dasar.


ke 6 bagian Profil lulusan di atas mengacu pada Standar Kompetensi Guru Kelas (SKGK) SD/MI yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. 

Profesi dan Karir Lulusan

Berprofesi sebagai guru sekolah dasar yang bisa merancang dan melaksanakan kegiatan pembelajaran di sekolah dasar yang mendidik siswa untuk aktif dalam kegiatan yang pembelajaran yang bermakna untuk mencapai tujuan pembelajaran di SD yang meliputi penguasaan 5 mata pelajaran pokok yakni, (Bahasa Indonesia, Matematika, Pendidikan Kewarganegaraan, Ilmu Pengetahuan Sosial, dan Ilmu Pengetahuan Alam serta dituntut untuk mampu mengembangkan semua mata pelajaran pendukung lainnya.


Itulah penjelasan mengenai 6 keunggulan mengambil perkuliahan jurusan PGSD. Bagaimana tertarik tidak? semoga kalian bisa diiterima dan meneruskan perkuliahan di universitas yang diinginkan. 

Demikian yang bisa saya jelaskan. Jangan lupa untuk meninggalkan komentar berupa saran ataupun tanggapan kalian agar blog ini bisa lebih baik lagi kedepannya. Terima kasih.
Manfaat dan Keunggulan Mengambil Jurusan PGSD
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.