Selasa, 04 September 2018

PKN Kelas VI SD (Demokrasi,PEMILU dan PILKADA)

Kerumunan Orang (RAKYAT)

Selamat malam sahabat semuanya!!!

Pada penjelasan kali ini saya akan menjelaskan pelajaran PKN khususnya mengenai Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah Serta penjelasan mengenai negara Demokrasi. Untuk itu silahkan perhatikan penjelasan berikut ini.

Baca juga : Pentingnya Menjaga Keutuhan NKRI

NEGARA DEMOKRASI

Demokrasi bisa disebut juga dengan pemerintahan yang mengikutsertakan atau melibatkan rakyat. 
Negara demokrasi adalah negara yang memberi tempat rakyat sebagai pemegang kekuasaan tertinggi di negara. Dalam kata lain rakyat raja dari sebuah negara tersebut. Negara Indonesia adalah sebuah negara demokrasi yang berlandaskan Pancasila. Perkataan ini ditulis dalam Pancasila ayat keempat yang berbunyi "Kerakyatan yang di pimpin oleh hikmat kebijaksaan dalam permusyawaratan atau perwakilan".

Sebagai sebuah negara demokrasi yang mempunyai landasan Pancasila, jadi sistem pemerintahan di negara Indonesia berlandaskan pada nilai-nilai tertinggi Pancasila, Negara yang demokrasi adalah, sistem pemerintahan dijalankan berdasarkan kedaulatan rakyatnya. yaitu dimulai dari rakyat, lalu oleh rakyat dan juga untuk rakyat itu sendiri. Untuk satu tujuan yakni membentuk pemerintahan yang diinginkan yakni Demokrasi, dan juga selalu dilaksanakannya proses Pemilihan wakil rakyat atau sering disebut Pemilihan Umum (PEMILU).

Pemilu ini mempunyai maksud yaitu untuk menciptakan pemerintahan yang berkedaulatan kepada rakyat, dengan diadakannya permusyawaratan atau perwakilan. Melalui PEMILU, rakyat bisa dengan bebas untuk memberikan hak suaranya untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden dan anggota Legislatif yang diinginkannya.

Kemudian PILKADA. Pilkada diadakan untuk memilih kepala daerah dan wakil kepala daerah, mau itu di tingkat Provinsi, ataupun di tingkat kabupaten/kota. PEMILI dan PILKADA di negara Indonesia mempunyai asas yakni LUBER dan JURDIL. Jadi apa itu LUBER dan JURDIL ? berikut penjelasannya.

LUBER dan JURDIL adalah sebuah singkatan dari Langsung,Umum,Bebas dan Rahasia ( LUBER) dan JUJUR  dan ADIL (JURDIL) Kedua ini mempunyai makna dan penjelasan masing-masing yaitu sebagai berikut :
  1. Langsung, Langsung mempunyai arti setiap rakyat yang memilih wajib memberikan suaranya secara langsung tanpa ada perantara atu dititipkan ke orang lain.
  2. Umum, Umum disini maksudnya PEMILU ini berlaku bagi seluruh warga negara kesatuan Republik Indonesia yang telah memenuhi syarat untuk mengikuti PEMILU.
  3. Bebas, Bebas disini setiap rakyat yang memilih berhak menggunakan hak pilih suaranya dengan bebas menurut pilihannya sendiri tanpa ada tekanan ataupun paksaan dari orang lain.
  4. Rahasia, tentunya kalian semua sudah tahu mengenai kata Rahasia. Rahasia disini setiap pilihan rakyat harus dijamin tidak diketahui oleh orang lain.
  5. Jujur, artinya semua rakyat yang mengikuti atau terlibat dalam pelaksaan Pemilihan Umum wajib bersikap dan mempunyai tindakan jujur sesuai dengan aturan yang berlaku.
  6. Adil, yang terakhir adil. Adil disini semua rakyat yang memilih dan peserta yang mengikuti PEMILU harus diperlakukan secara adil dan bebas dari kecurangan semua pihak.

Pelaksanaan PEMILU di negara Republik Indonesia mengikutsertakan banyak pihak yakni  Pemerintah, Partai Politik, Peserta Pemilu, Pengawas Pemilu dan seluruh rakyat Indonesia. Oleh karena itu, Kerja sama semua pihak bisa membuat PEMILU berjalan dengan sukses dan aman. terutama keikutsertaan seluruh rakyat negara kesatuan Republik Indonesia.

Lihat juga : Definisi Pancasila dan Landasannya

Sekian penjelasan kali ini, Jika ada yang ingin ditanyakan atau kurang dipahami bisa hubungi melalui kontak yang telah disediakan. Apabila ada kesalahan dalam penulisan maupun yang lainnya mohon untuk tidak segan hubungi saya karena dengan pesan dan saran kalian akan membantu blog ini kearah yang lebih baik.  Terima kasih..
PKN Kelas VI SD (Demokrasi,PEMILU dan PILKADA)
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.