Sabtu, 11 Februari 2017

Contoh Soal UAS Gasal Mata Uji Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Kelas Tinggi SD

Naskah Soal UAS Gasal Mata Uji Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Kelas Tinggi SD-Program S1 PGSD 

 Asalamualaikum. Wr. Wb Bagaimana kabarnya? Mudah-mudahan sehat selalu. Selamat pagi sahabat Blognya Guru Muda http://www.guruenjoy.blogspot.com 

Kali ini akan share tentang Naskah Soal Uhian Akhir Semester (UAS) Gasal / Semester III Jenjang S 1 PGSD 2016/2017 dengan Mata Kuliah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Kelas Tinggi SD.

Silahkan Unduh referensi buku : Unduh/Download Gratis Kumpulan Buku Perkuliahan PGSD


Seperti tampilan berikut ini.


 
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
(STKIP) SEBELAS APRIL SUMEDANG
JALAN ANGKREK SITU NO. 19 SUMEDANG


 

UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS) GASAL
TAHUN AKADEMIK 2016/2017

Mata Kuliah                : Pendidikan Bahasa dan Sastra   
  Indonesia Kelas Tinggi Untuk SD
Program Studi             : PGSD

Hari/Tanggal               : Senin, 16 januari 2017

Tingkat/Semester        : II / 3

Waktu                         : 100 menit

DPMK                        : Dr. Asep Saepurokhman, M.Pd.

Dosen                          : Anggi Citra Apriliana, M.Pd.

                                      Avini Martini, M.Pd.

                                     

Jawablah Pertanyaan di bawah ini !

  1. Para ahli memandang bahwa pendekatan (approach) dalam proses pembelajaran bahasa sebagai seperangkat asumsi tentang hakikat bahasa, pengajaran, dan belajar bahasa. Salah satu pendekatan dalam pembelajaran bahasa indonesia yaitu pendekatan whole languange. Coba jelaskan menurut pendapat anda apa yang di maksud dengan pendekatan whole languange dan jelaskan ciri-ciri pembelajaran bahasa indonesia dengan menggunakan pendekatan whole languange!
  2. Langkah awal guna meningkatkan keberhasilan pembelajaran membaca adalah memahami berbagai prinsip dan strategi pembelajaran membaca. Jelaskan prinsip-prinsip dan strategi pembelajaran membaca di kelas tinggi!
  3. Jelaskan langkah-langkah pembelajaran menyimak dengan menggunakan strategi DLTA (Directed Listening Thinking Activity)!
  4. Jelaskan problematika pembelajaran sastra di sekolah dasar (SD) serta solusi yang inovatif dalam mengatasi problematika tersebut!
  5. Bentuk karya sastra di sekolah dasar yaitu puisi, prosa, dan drama. Jelaskan pengertian prosa, karakteristik, dan jenis-jenisnya beserta salah satu contohnya!
  6. Pemerintah sudah meluncurkan program gerakan literasi sekolah (GLS). Salah satu bentuk implemtasi kebijakan tersebut setiap sekolah di haruskan melaksanakan proses membaca 15 (lima belas) sebelum memulai pembelajaran. Coba saudara jelaskan apa yang dimaksud literasi dan mengapa literasi itu penting bagi anak SD!






Dalam kurikulum 2013 proses pembelajaran harus menggunakan pendekatan saintifik (saintifik approach) dan penilaian otentik (autentik assessment). Apakah mungkin pendekatan saintifik diterapkan dalam pembelajaran bahasa di sd? Serta jelaskan pengertian penilaian otentik (authentik assessment) dalam pembelajaran bahasa indonesia serta berikan contoh penilaian otentik dalam pembelajaran menulis di kelas tinggi!

Baca juga : Contoh Naskah Soal UAS Gasal Mata Uji Model Pembelajaran SD-Program S1 PGSD

Demikian postingan kali ini. Semoga mendapatkan inspirasi bagi teman-teman yang menjalankanperkuliahan terutama pada Semester Gasal 3 Program S1-PGSD. Bila artikel ini bermanfaat silahkan beritahu teman-teman/rekan-rekan seperkuliahan dimanapun berada. Tetapi kalau ini ada kekurangan beri tahu kami. Dengan memberikan komentar pada kolom yang tersedia.

Wassalamualaikum. Wr.Wb .
Contoh Soal UAS Gasal Mata Uji Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Kelas Tinggi SD
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.