Jumat, 28 September 2018

Tema/Arah Penelitian Pembuatan Profosal Perkuliahan Seminar Profosal S1 PGSD

Menginjak semester 7 khususnya Perkulian PGSD - tentunya akan bertemu dengan mata perkuliahan Seminar Profosal. Dimana mata perkuliahan ini sebagai bahan dasar untuk menyusun skripsi nanti. Pada kali ini saya akan bagikan Tema//Arah penelitian dalam pembuatan profosal khususnya dalam kajian bidang Ilmu Pengetahuan Sosial.

Baca juga : PEDAGOGIK

Sebelumnya saran dari saya kalian perdalam dan teliti minat/bakat kalian untuk mempermudah dalam pembuatan profosal kalian sampai menyusun skripsi. Kalian bisa cari minat/bakat kalian di sini https://scholar.google.com/, di sana kalian juga akan disajikan ribuan jurnal dari berbagai sumber.

Tema/Arah Penelitian Pembuatan Profosal Perkuliahan Seminar Profosal S1 PGSD, https://www.guruenjoy.com
Tema/Arah Penelitian Pembuatan Profosal Perkuliahan Seminar Profosal S1 PGSD

Tema Penelitian Profosal Bidang Kajian IPS


Tema penelitian bidang kajian Ilmu pengetahuan Sosial terdapat 6 kategori, yaitu :


1. Keterampilan Sosial

Keterampilan sosial yang perlu dimiliki oleh setiap siswa tersebut yakni:
1) Kerjasama, Saling bertoleransi, Menghargai hak- hak orang lain, dan Peka terhadap orang lain,
2) Memiliki kontrol diri, dan
3) Berbagi pendapat dan pengalaman dengan orang lain.

Jika kalian mengambil penelitian metode ini, kalian akan meneliti berbagai aspek keterampilan sosial yang telah di jelaskan di atas seperti bekerja sama, toleransi dan lain-lain terhadap setiap siswa.

2. ECO Pedagogic (Pendidikan Ramah Lingkungan)

Eco Pedagogic merupakan gabungan dua kata/istilah yakni Ekologi/Ecology mengandung arti ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara semua makhluk hidup dengan lingkungannya, dan Pedagogic/Pedagogy artinya ilmu pendidikan. Jadi dapat disimpulkan EcoPedagogic adalaha ilmu pendidikan yang mempelajari mengenai hubungan makhluk hidup dengan lingkungannya atau tempat tinggalnya.

Ketika mengambil metode ini untuk pembuatan profosal maupun sekaligus penyusunan skripsi, kalian harus melakukan Observasi dan melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) jika mau mengambil metode ini.

Contohnya : Ketika kalian mempunyai permasalahan di suatu tempat terdapat anak-anak mempunyai kebiasaan membuang sampah sembarangan, nah itu bisa dijadikan untuk bahan penelitian mengapa anak tersebut membuang sampah sembarangan secara terus menerus tentunya pasti ada yang melatar belakanginya.

3. Ethno Pedagogic (Kajian Budaya)

Selain ECO Pedagogy ada juga yang dinamakan dengan Ethno Pedagogic. Ethno Pedagogic adalah Ilmu yang mempelajari atau mengkaji kebudayaan. Ethno Pedagogic juga bisa dijadikan sebagai bahan untuk Penelitian dalam pembuatan profosal hingga Skripsi. 

Apabila mengambil metode ini dalam melakukan tindakan penelitian, Kalian harus melakukan penelitian dengan metode Penellitian Tindakan Kelas (PTK). Karena bersangkutan dengan kebudayaan, kalian hharus observasi ke lokasi yang terdapat masalah yang dilatarbelakangi oleh kebudayaan. Seperti contoh permasalahannya : Budaya asing yang masuk ke negara Indonesia  dalam gaya berpakaian dan gaya rambut seperti Celana jeans di sobek-sobek ataupun gaya rambut skin head yang banyak ditiru oleh anak-anak di Sekolah. Itu tentunya merupakan suatu permasalahan yang harus di atasi dan dipecahkan karena sisi negatifnya sangat banyak dan tentunya juga akan menganggu terhadap kegiatan belajar mengajar di sekolah.

4. Pendidikan Global

Pendidikan Global adalah Pendidikan yang menanamkan pandangan mengenai dunia yang diajarkan terhadap peserta didik/siswa dengan mengaitkan antar budaya, kondisi manusia maupun planet bumi.

Pendidikan Global tentunya bisa dijadikan sebagai bahan dasar atau tema penelitian unuk pembuatan profosal dalam penyusunan skripsi. Karena Pendidikan global seiring berkembangnya jaman kearah yang lebih modern, banyak hal-hal dan fenomena negatif yang terjadi akibat berkembangnya pendidikan global

Jika kalian ingin mengambil metode ini, terlebih dahulu kalian harus mampu bagaimana cara membuka mainset/cara berpikir anak. Karena permasalahan dalam pendidikan global ini anak berpikir bahwa orang lain bertingkah atau mempunyai pola pikir yang sama. 

Seperti contohnya : Ketika dia membakar sampah tentunya akan merusak lingkungannya, anak itu berpikir bahwa semua orang pemikiran dan tingkah lakunya akan sama seperti dirinya sendiri. Dari contoh permasalahan tersebut kalian bisa membuat judul penelitian permasalahan kalian ketika mengambil metode Penelitian Pendidikan Global.

5. Pendidikan Multikultural

Mendengar kata Multikultural tentunya sudah tidak asing lagi di telinga kita. Pendidikan Multikultural adalah pendidikan yang menghargai setiap perbedaan (Toleransi). Tentunya banyak sekali permasalahan di sekolah untuk dijadikan bahan penelitian mengenai pendidikan multikultural. Contohnya seperti perbedaan agama, RAS, dan yang sering kita lihat dan sering terjadi yaitu Bullying.

Contoh masalah tersebut bisa kalian gunakan untuk judul atau bahan penelitian  ketika kalian ingin mengambil metode ini saya akan berikan 1 contoh Judul/Tema seperti : Pengaruh Bulying terhadap Proses Pembelajaran anak di Dalam lingkungan kelas.

6. PAKEM 

Pakem merupakan singkatan dari Pelajaran Aktif, Kreatif dan Menyenangkan. Melihat pengertian PAKEM tersebut tentunya kalian pasti akan mengerti. Apabila kalian ingin mengambil metode ini pertama kalian harus terjun kedunia/lingkungan belajar anak bisa dengan melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). 

Jika dalam proses pembelajaran kalian mendapati berbagai permasalahan seperti anak malas belajar, bosan, mengantuk, kalian bisa menggunakan metode PAKEM ini untuk bahan penelitian dalam pembuatan profosal sampai skripsi. Tentunya banyak judul atau tema yang bisa kalian dapatkan melalui metode ini seperti Pengaruh Menyanyikan Lagu anak-anak sebelum pembelajaran terhadap Proses Pembelajaran.

7. IT Literasi

IT Literasi adalah Ilmu Teknologi berupa seperangkat keterampilan Guru dengan menggunakan bantuan media gambar/video. Seiring berjalannya jaman tentunya banyak sekali di dunia maya gambar maupun video pembelajaran/Media untuk membantu proses belajar mengajar yang efektif. Karena anak-anak identik menyukai gambar/video kalian bisa jadikan Metode IT Literasi ini sebagai bahan atau judul untuk penelitian kalian.

Metode ini sebenarnya sedikit berkaitan dengan metode PAKEM diatas. Contohnya ketika mendapat permasalahan dalam pembelajaran seperti anak bosan, tidur kalian bisa menggunakan media ini untuk membangkitkan minat belajar anak seperti menggunakan video dengan di bantu LCD Projector.

Berikut ini Susunan pembuatan Profosal BAB 1 yang baik dan benar.
  1. Judul
  2. Latar Belakang
  3. Rumusan Masalah
  4. Tujuan Penelitian
  5. Manfaat Penelitian

Dari penjelasan ke 7 bagian diatas sebagai metode untuk pembuatan Tema/Judul pembuatan profosal, kalian bisa mengambil salah satunya. Pililah salah satu yang kalian rasa minat/bakat kalian ada disalah satu metode tersebut. Seperti yang telah saya bahas diatas, jika kalian merasa bingung dalam menentukan arah/penelitian, kalian bisa mengunjungi https://scholar.google.com/, disitu juga telah disediakan ribuan jurnal terbaik sebagai bahan referensi untuk pembuata skripsi.


Demikian penjelasan mengenai Tema atau Arah Penelitian dalam pembuatan profosal dalam bidang kajian IPS, semoga bisa memudahkan pekerjaan rekan-rekan terutama mahasiswa tingkat akhir. Apabila ada yang ingin ditanyakan bisa hubungi lewat kontak yang telah disediakan. Terima kasih.




Tema/Arah Penelitian Pembuatan Profosal Perkuliahan Seminar Profosal S1 PGSD
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.