Rabu, 14 November 2018

Keadaan Geografis dan Perekonomian Negara Inggris, Amerika Serikat dan Kanada

kita semua tentunya sudah tahu negara-negara maju di dunia seperti Inggris, Amerika Serikat dan Kanada. Ketiga negara itu yang akan guru enjoy bahas kali ini dan tentunya masih banyak lagi negara negara maju lainnya.


Berikut penjelasan mengenai Keadaan Geografis dan Perekonomian Negara Inggris, Amerika Serikat dan Kanada.

1. Inggris (United Kingdom)

Inggris merupakan salah satu negara eropa yang sangat terkenal di dunia. Tentunya hal tersebut didukung oleh sejarah masa lalunya yang Berjaya selama beberapa abad mampu menaklukan “dunia”. Banyak sekali daerah yang ditemukan, bangsa dan negara yang ditaklukan dan dikuasai sehingga menjadi jajahannya.

Secara politik, Inggris atau England merupakan salah satu kerajaan bagian dari serikat kerajaan (United Kingdom) bersama kerajaan bagian lainnya yaitu Wales dan Skotlandia yang wilayahnya beradz dipulau Britania, serta Ulster yang wilayahnya menempati bagian Utara pulau Eire (Irlandia Utara). Secara keseluruhan negara atau wilayah ini sering disebut Britania Raya (Great Britain).

Keadaan Geografis dan Perekonomian Negara Inggris, Amerika Serikat dan Kanada, https://www.guruenjoy.com/
Peta Negara Inggris


a. Letak dan Luas

Secara astronomis Inggris terletak diantara  50˚ LU - 60˚ LU dan 8 BB˚ - 2˚ BT. Secara geografis terletak di sebelah barat daratan Eropa. Meninjau dari lingkup yang lebih luas lagi, letaknya sangat strategis karena berada di jalur transportasi dan perdagangan antara Erpa dan benua Amerika. Luas Inggris ±244.820 Km².

b. Keadaan Fisik

1) Bentang Alam
Bentuk wilayah Inggris merupakan kepulauan. Pulau-pulau utama Inggris yaitu pulau Britania dan Eire. Pulau-pulau lainnya terletak disekitarnya dan berukuran kecil antara lain adalah Kep. Orkney, Kep. Heberides Luar, Kep. Shetland. Wilayah inggris dipisahkan oleh selat Dover, selat Inggris dan Laut Utara dari daratan Eropa. Secara geologi kepulauan Inggris terletak pada dangkalan Eropa, sehingga merupakan pulau continental.

Lingkungan alam Inggris cukup bervariasi, namun secara umum dapat dibedakan menjadi dua kawasan yaitu dataran rendah (lowland) dan dataran tinggi (highland). Secara rinci dapat dijelaskan sebagai berikut.

a) Dataran Rendag (lowland)
Dataran rendah di pulau utama Britania, terletak bersebrangan dengan dataran rendah Eropa Utara di daratan Eropa. Secara keseluruhan relative bergelombang, meliputi kawasan dataran rendah Scotish, dataran rendah Inggris tengah, daerah dataran rendah Irlandia Tengah.

b) Dataran Tinggi (highland)
Wilayah dataran tinggi meliputi bagian barat utara Inggris merupakan batuan tua. Nmaun demikian terdapat pula dibeberapa tempat daerah-daerah subur seperti pada lembah-lembah dan dataran sempit tepi pantai.

Kondisi bentang alam atau tofografib yang kurang memiliki perbedaan tinggi berarti (relative landai) dan jarak relative dengan pantai atau laut, menyebabkan aliran sungai-sungai di Inggris memiliki karakterristik pendek-pendek dan arusnya kurang deras.

Wilayah Inggris dapat pula dikelompokan kedalam tiga bagian yaitu bagian selatan, tengah, dan utara. Inggris bagian selatan batas utaranya adalah sungai Severn. Pada bagian baratnya dibatasi oleh sungai Exe. Bagian barat tersebut merupakan wilayah hutan yang berbukit dan daerah aliran sungai berkelok. Daratan Inggris tengah adalah bagian batubara di sejauh sungai Trent, termasuk jajaran selatan pegunungan Pennine.

2) Keadaan Iklim

Mengingat inggris merupakan pulau atau kepulauan dilepas pantai barat daratan Eropa dan juga karena letak lintangnya, maka atmosfer Inggris memiliki kondisi iklim yang dipengaruhi laut serta arus laut panas (Gulf Stream) yang berasal dari equator di samudera atlantik. Ciri iklim tersebut adalah pengaruh laut dominan, musim winternya nyaman dan sumernya sejuk, hujan jatuh sepanjang tahun dan pada winter cenderung berawan tebal dan berkabut, siang hari pada winter gejalanya pendek, berawan dan basah, summer cerah dan nyaman serta siang hari gejalanya relatif lebih panjang.

C. Keadaan Penduduk
Hingga awal tahun 2004 jumlah penduduk Inggris mencapai sekitar 60 juta jiwa, dengan pertumbuhan relatif kecil yaitu rata-rata 0,1% pertahun. Karena relatif kecil (±224.880 Km²) dibandingkan dengan jumlah penduduknya, maka Inggris merupakan salah satu negara terdapat penduduknya. Kepadatan penduduknya cukup tinggi yaitu mencapai 241 jiwa/Km². 

1) Perekonomian
Berdasarkan Indikator di atas pada awal pembahasan, jelas menunjukan bahwa Inggris merupakan salah satu negara maju di dunia. Sejak digulirkannya revolusi industri di Inggris, perekonomiannya semakin berkembang. Sektor perekonomian penting di Inggris antara lain adalah industri, pertambangan, pertanian, peternakan, perikanan.


Pengelompokan lainnya dilakukan pula oleh pihak bank dunia (world bank). Pada tahun 1997 World Bank membagi negara-negara di dunia berdasarkan tingkat pendapatan (income perkapita) menjadi empat kelompok. Namun demikian secara umum ukuran ini relative masih dapat dijadikan tolak ukur yang memadai, sebagai berikut :

1. Negara-negara berpendapatan rendah (low income) dengan GNP perkapitaya < U.S $785
2. Negara berpendapatan menengah  (middle income) dengan GNP perkapitanya antara U.S $ 785-3.125
3. Negara berpendapatan menengah tinggi (upper middle income) dengan GNP perkapitanya antara U.S $ 3.125 – 9.655
4. Negara berpendapatan tinggi (high income) GNP perkapitanya > U.S $ 9.656
Berdasarkan pengelompokan diatas, tercatat sebanyak 26 negara masuk kedalam kelompok negara berpendapatan tinggi (high income), dan dari 26 negara tersebut, 24 negara berasal dari negara maju, dan 2 negara lainnya berasal dari negara berkembang di asia barat daya yaitu Kuwait dan Uni Emirat Arab.

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), berdasarkan terutama tingkat pendapatan, secara khusus mengelompokan pula negara-negara berkembang menjadi tiga kelompok kecil lagi, yaitu:
1. Negara paling miskin/terbelakang (least developed) berjumlah 44 negara.
2. Negara sedang berkembang (developing nation) berjumlah 88 negara.
3. Negara Kaya (pengekspor minyak) berjumlah 13 negara.

Jika kita menggunakan kriteria diatas yang umum seperti tingkat kemajuan teknologi sekaligus tingkat kemajuan perekonomiannya, maka dapat kita kelompokan negara-negara di dunia yang termasuk sebagai negara maju antara lain adalah : di Benua Amerika adalah dua negara kawasan Amerika Utara yaitu Amerika Serikat (USA) dan Kanada ; di Benua Eropa umumnya beberapa negara di kawasan eropa barat seperti : Inggris, Prancis, jerman dan Belanda. 

Di Asia sendiri  walaupun beberapa negara di asia timur telah menunjukan kemajuan pesat, yang pasti jepang telah menunjukan kepeloporannya sebagai negara maju sejak decade 70-an. Di kawasan asia pasifik adalah Australiia dan Selandia Baru merupakan negara yang dikembangkan oleh terutama keturunan bangsa Eropa.

2. Amerika Serikat dan Kanada

Amerika Serikat merupakan negara di kawasan amerika utara yang sangat terkenal dengan kemajuan ilmu teknologinya. Demikian juga Kanada yang berada di kawasan yang sama. Dua negara ini memiliki angka pendapatan kotor Nasional (Gross National Income) perkapita yang sangat tinggi dibandingkan dengan negara-negara yang lainnya, yaitu 39.710 dollar AS untuk amerika serikat dan 30.660 dollar AS untuk Kanada.

Keadaan Geografis dan Perekonomian Negara Inggris, Amerika Serikat dan Kanada, https://www.guruenjoy.com/
USA dan KANADA


Tingkat kemajuan yang tinggi baik dalam teknologi maupun perekonomian, terutama Amerika Serikat sehingga sangat berpengaruh pada kemajuan kehidupan social politik dunia saat ini.

a. Letak dan Luas

Secara Astronomis Amerika Serikat terletak pada 25˚LU - 49˚ LU dan 66˚ BB -125˚BB. Sedangkan Kanada terletak pada 49 LU – 85 LU dan 55˚ BB – 140˚ BB. Luas keseluruhan wilayah Amerika Serikat yaitu ± 9.372.610 Km². Sedangkan Kanada 9.705.065 Km².

Amerika Serikat merupakan negara federal yang terdiri dari 50 negara bagian. Dari jumlah tersebut, 48 negara bagian terletak didaratan amerika utara dan 2 negara bagian lainnya adalah Kep. Hawaii di lautan pasifik dan Alaska di sebelah utara kanada. Sedangkan kanada juga merupakan negara federal tetapi terbagi kedalam wilayah administrasi yaitu 10 provinsi dan 2 teritori federal.

b. Keadaan Fisik

1) Bentang Alam
Amerika Serikat dan Kanda menempati kawasan utara dari benua Amerika, wilayahnya terbentang luas mulai dari laut Artik hingga batas utara dari negara meksiko di selatan. Dengan demikian wilayah kedua negara tersebut memiliki iklim yang cukup bervariasi, yaitu mulai iklim subtropics di daerah selatannya hingga iklim kutub di daerah utarannya., terutama pulau-pulau utara Kanada  yang memasuki kawasan lingkaran kutub utara.

Berdasarkan reliefnya arah barat – Timur wilayah Amerika Utara ini dapat dibedaakan menjadi 7 wilayah utama sebagai berikut :

a. Dataran Rendah (Sempit)
b. Pegunungan Pantai (Tepi barat sistim pegunungan Rocky)
c. Dataran Tinggi Antar Montana
d. Pegunungan Rocky (Inti)
e. Dataran Tengah yang terdiri dari : The Great Plains ( berbukit/bergelombang). The interior Plains (dataran rendah luas),  Artic Coastal Plainn (dataran rendah di kawasan laut artik), Canadian Shield (Dataran massa batuan beku tua), Gulf Atlantic Coastal Plain (dataran rendah di kawasan Teluk Meksiko).
f. Pegunungan Aleghany/Apalachia (Pegununga tua Pantai Timur).
g. Dataran rendah pantai timur.

Bentang Alam kawasan Amerika Utara secara umum sangat mendukung untuk dimanfaatkan manusia. Massa batuan beku tua hasil kikisan gletser di masa lalu, muncul di sebagian besar tampilan bentang alam kanada. Bentukan hasil kikisan tersebut ditunjukan oleh adanya danaudanau besar yang disebut “The Great Lakes”. Danau-danau tersebut yaitu : Danau Superior, Michigan, Huron, Ontario, Erie dan saat ini terhubungkan kembali dengan lautan atlantik oleh sungai St.Lawrence.

Sisi timur dan barat Amerika Utara merupakan dataran yang relative sempit. Jika kita bandingkan, dataran pantai atlantik di sisi timur relative lebih besar dan mudah dicapai dari pada dataran pantai baratnya atau pantai pasifik. Kawasan pantai Atlantik umumnya memiliki pantai turun dan banyak terdapat muara sungai berestuaria.

Pada sisi timur ini terdapat pegunungan Apalchia yang membujur arah utara selatan, sekalipun sedikit menghambat kelancaran perhubungan  antara sisi timur dengan kawasan pedalaman dan barat. Namun demikian pegunungan ini kaya akan mineral batu bara bernilai ekonomi tinggi.


Demikian penjelasan dari Keadaan Geografis dan Perekonomian Negara Inggris, Amerika Serikat dan Kanada yang dapat guru enjoy bagikan. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua dan juga khususnya bisa membantu tugas-ttugas sekolah ataupun perkuliahan sahabat guru enjoy semuanya. 

Apabila ada yang ingin ditanyakan bisa langsung isi di bawah pada kolom komentar yang telah disediakan. Terima kasih.

Keadaan Geografis dan Perekonomian Negara Inggris, Amerika Serikat dan Kanada
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.